youngster.id - Untuk meruntuhkan stigma negatif Orang Dengan HIV (ODHIV), VIVO, brand dari perusahaan penyedia alat kesehatan Danpac, menggandeng startup Campaign guna menginisiasi rangkaian kampanye sosial #NoStigma.
Isu ini sangat krusial mengingat ada 526.000 orang hidup dengan HIV dan AIDS namun edukasi dan pelayanan kesehatan terkait hal tersebut belum merata. Untuk itu, program ini dilakukan secara daring pada November 2024 lalu agar dapat menjangkau masyarakat dari berbagai penjuru daerah.
“VIVO selalu berkomitmen untuk berkontribusi dalam penanggulangan HIV dan AIDS, mulai dari menyediakan alat-alat kesehatan preventif, seperti kondom, hingga berupaya menghapus stigma negatif terhadap ODHIV melalui kampanye sosial #NoStigma yang dikemas secara fun,” kata Yoevan Wiraatmaja, CEO Danpac, Selasa (14/1/2025).
Melalui aplikasi Campaign #ForABetterWorld, lebih dari 1.000 orang mendukung aksi sosial tentang HIV dan AIDS serta berdonasi tanpa uang. Beriringan dengan aksi digital tersebut, Campaign juga menyelenggarakan talk show bertajuk “Edukasi HIV dan AIDS, Biar Makin Paham!” yang dihadiri oleh 157 partisipan.
Program ini menggandeng anak-anak muda dari berbagai organisasi dan komunitas sosial di bidang HIV/AIDS untuk mengorganisir kampanye sosial di aplikasi Campaign #ForABetterWorld. Terdapat tujuh kelompok pemuda yang masing-masing membuat Challenge di aplikasi tersebut. Mereka mengajak masyarakat melakukan aksi yang otomatis dikonversi menjadi donasi lalu disalurkan kepada orang-orang membutuhkan: Mitra Citra Remaja (MCR) PKBI Jawa Barat, Jaringan Indonesia Positif NTT, Gue Berani/GWL-INA, Yayasan Akbar Sumatera Barat, Yayasan Gaya Celebes, Puzzle Indonesia, AMSA Indonesia.
Intan Siagian, Project Lead #NoStigma dan Program Manager Campaign mengatakan, aplikasi Campaign #ForABetterWorld terus berinovasi dalam mempermudah masyarakat untuk berpartisipasi dalam kampanye sosial kapan saja dan di mana saja.
“Salah satu pencapaian luar biasa dalam kampanye ini adalah partisipasi tujuh organisasi dan komunitas yang mengorganisir Challenge. Yayasan Gaya Celebes terpilih sebagai Organizer terbaik setelah berhasil mengumpulkan 202 Supporters. Atas capaian ini, mereka berhak mendapatkan dana hibah sebesar Rp 24.400.000,” kata Intan.
HENNI S.
Discussion about this post