Gema Swara Pesona, Juara Umum Festival Choral Music Dunia

Paduan suara Gema Swara Pesona (GSP) dari STP Trisakti. (Foto: Stevy Widia/youngster.id)

youngster.id - Paduan suara Gema Swara Pesona (GSP) dari STP Trisakti mengharumkan nama Indonesia dengan berhasil menjadi juara umum pada Festival of Choral Music di Budapest, Hungaria. Unit kegiatan mahasiswa ini berhasil meraih medali emas untuk kategori Mixed Choirs dan Laurea Summa Cum Laude kategori folklore di ajang yang diikuti oleh 16 negara di dunia.

“Kami sangat mengapresiasi prestasi yang diraih oleh GSP. Mereka tidak saja membawa nama STP Trisakti tetapi juga mengharumkan nama Indonesia di mata dunia,” kata Nurbaeti, Wakil Ketua STP Trisakti dalam keterangannya, Selasa (30/7/2019) di Jakarta.

Menurut Nurbaeti, paduan suara mahasiswa ini merupakan unit kegiatan unggul dari 20 UKM yang ada di STP Trisakti. Dan semua diarahkan untuk bisa meraih prestasi dan memberikan kontribusi bagi kemajuan perguruan tinggi.

“Salah satu indikator terhadap kemajuan sebuah perguruan tinggi. Kami berharap mereka dapat tampil yang terbaik dan bisa membawa nama Indonesia ke dunia internasional, ” terangnya.

Menyambut kemenangan ini, GSP menggelar konser Unite An Annual Concert di Goethe Hause, Jakarta. Pada konser yang dihadiri oleh para dosen dan orangtua, GSP melantunkan kembali lagu-lagu yang memberikan mereka kemenangan. Diantaranya, Il Est Bel et Bou, Jubiaba, Cantate Domino, Montor Montor Cilik, Luk Luk Lumbu, Nenggong dan Yamko Rambe Yamko dengan James David, Luisa Gabriella dan Joshua Richard menjadi dirigen secara bergantian.

Paduan suara yang beranggotakan 28 orang ini mendapat bimbingan langsung dari Artha Christine. Sesungguhnya bukan baru kali ini GSP  meraih prestasi. Tahun 2018 mereka meraih juara umum pada kompetisi Paduan Suara di Barcelona, Spanyol. Mereka juga meraih Gold dan Silver Medal pada Ajang International Youth Music Festival II di Bratislava, Republik Slovakia pada Tahun 2015 lalu.

Konser malam ini sekaligus merupakan bagian dari penggalangan dana untuk keberangkatan GSP mengikuti kompetisi Paduan Suara di Prancis, tahun 2020. “Dari urusan menyanyi sampai cari sponsor dilakukan oleh mahasiswa. Kerja mereka patut diacungi jempol,” ujar Nurbaeti.

James David ketua panitia konser GSP mengatakan, kesiapan untuk berangkat ke Prancis sudah matang, hanya saja masih kekurangan dana. “Untuk itu kami menggelar konser sekaligus mengundang orang tua mahasiswa juga pengusaha serta donatur agar bisa berpartisipasi mendukung kami sebagai wakil Indonesia untuk turut dalam paduan suara tingkat internasional di Prancis tahun 2020,” ungkapnya.

Lomba ini akan diikuti lebih dari 20 negara, dan GSP STP Trisakti adalah perwakilan satu-satunya dari Indonesia dan Asia.

STEVY WIDIA

Exit mobile version