youngster.id - Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi, Informasi dan Komunikasi (GEMASTIK) kembali digelar untuk ke-14 kalinya. Telkom University kembali dipercaya untuk menjadi tuan rumah pagelaran TIK terbesar di Indonesia. Acara yang digelar secara virtual ini bertema “TIK Untuk Indonesia Bangkit Menuju Kehidupan Bangsa Yang Lebih Baik.”
GEMASTIK merupakan ajang tahunan yang telah diselenggarakan sejak tahun 2007 dan merupakan program dari Pusat Prestasi Nasional (PUSPRESNAS), Kemendikbudristek. Kegiatan ini diharapkan menjadi ajang untuk menyatukan visi, misi, dan karya mahasiswa Indonesia dalam mengembangkan teknologi, informasi, dan komunikasi digital di tingkat nasional.
“Perlu kami sampaikan bahwa pada penyelenggara Gemastik XIV ini seluruh divisi melakukan 1 kali tahapan seleksi dan 2 kategori yaitu Divisi Pemrograman dan Keamanan Siber melakukan tahapan seleksi secara daring. Dari hasil proses seleksi yang dilakukan oleh para juri, telah terpilih 230 tim yang berasal dari 67 perguruan tinggi dan 60 Perguruan tinggi diantaranya berasal dari luar Jawa Barat yang tersebar di 16 Provinsi,” ungkap Dr Dida Diah Damajanti Ketua pelaksana GEMASTIK XIV dalam siaran pers, Rabu (6/10/2021).
Dida menyampaikan bahwa para finalis Gemastik XIV ini berasal dari ujung paling barat Indonesia yaitu Universitas Syiah Kuala dari Provinsi Daerah Istimewa Aceh, dan finalis dari ujung paling timur Indonesia adalah Politeknik Negeri Ujung Pandang dari Provinsi Sulawesi Selatan.
“Selamat berkompetisi kepada seluruh peserta Gemastik XIV, semoga dari kompetisi ini dapat melahirkan ide-ide baru serta inovasi yang dapat membawa Indonesia menjadi negara maju dimasa yang akan datang,” ucapnya lagi.
Telkom University telah 5 kali menjadi tuan rumah pada ajang ini, yakni pada tahun 2008-2009 dan 2019-2021. Tahun ini jumlah peserta GEMASTIK XIV mencapai 3.164 tim untuk 11 kategori lomba, dimana seluruh tim berasal dari 235 perguruan tinggi yang tersebar di 33 provinsi di Indonesia.
Rektor Telkom University, Prof Adiwijaya mengatakan, walaupun kompetisi GEMASTIK tahun ini berbeda, semoga tidak menyurutkan semangat kompetisi yang ada di para peserta, dan bersama-sama bisa menghasilkan inovasi-inovasi terbaik untuk kemajuan bangsa Indonesia.
“Kami berharap dari kompetisi ini, muncul ide-ide baru, ide segar yang bisa membangkitkan kembali semangat diri kita untuk terus berjuang dan melewati masa pandemi ini sehingga ke depan melalui teknologi informasi komunikasi kita bisa menghasilkan menghasilkan SDM unggul dan membawa indonesia maju di tahun 2045,” katanya.
Seluruh pertandingan dari masing-masing divisi dapat disaksikan live melalui youtube channel Gemastik XIV dan Channel Youtube Pusat Prestasi Nasional.
Terdapat 11 kategori yang diperlombakan pada GEMASTIK XIII, yaitu:
Divisi I : pemrograman (Programming)
Divisi II: keamanan siber (Cyber Security)
Divisi III: penambangan data (Data Mining)
Divisi IV: desain pengalaman pengguna (UX Design)
Divisi V: animasi (Animation)
Divisi VI: kota cerdas (Smart City)
Divisi VII: karya tulis ilmiah tik (ICT Scientific Paper)
Divisi VIII: pengembangan perangkat lunak (Software Development)
Divisi IX: piranti cerdas, sistem benam & iot (Smart Device, Embedded System & iot)
Divisi X: pengembangan aplikasi permainan (Game Development)
Divisi XI: pengembangan bisnis tik (ICT Business Development)
STEVY WIDIA
Discussion about this post