Gen Z Jadi Penentu Tren dan Kultur Popular di Instagram

Instagram Reels

Konten video di Instagram Reels. (Foto: istimewa)

youngster.id - Gen Z dinilai sebagai generasi yang penting bagi industri digital. Ada 3,2 miliar atau 41% dari populasi dunia adalah gen Z. Tak heran jika mereka menjadi penentu tren dan kultur popular di media sosial seperti Instagram.

Direktur Kemitraan Kreator Meta Asia Tenggara Revie Sylviana mengatakan, hasil survey terbaru Populix dan Instagram menunjukkan bahwa Gen Z memiliki kekuatan untuk menciptakan tren dan mengarahkan percakapan mengenai kultur-kultur yang tengah popular.

“Kami berharap laporan ini dapat menjadi panduan bagi komunitas dan pelaku bisnis mengenai tren yang akan hadir di tahun mendatang, sehingga mereka bisa lebih terhubung dengan hal-hal yang bermakna dan inspiratif di Instagram, serta dapat memberikan dampak sosial dan ekonomi yang lebih besar,” kata Revie dalam keterangannya, Rabu (7/12/2022).

Salah satu temuan Instagram adalah tagar terpopuler berhubungan dengan konten makanan dan travelling. Misalnya, tagar #pesonaindonesia digunakan sebanyak 11 juta kali pada tahun ini. Adapun gen Z menyumbang 37% di antaranya.

Kemudian, tagar #bali juga banyak digunakan. Instagram mencatat tagar tersebut digunakan 20.000 lebih banyak dari tahun lalu.

Selain wisata, tagar #kuliner juga banyak digunakan. Tagar ini digunakan 6.000 kali lebih banyak dibanding tahun lalu. Sementara kontribusi gen Z untuk tagar ini mencapai 40%.

Untuk fitur Reels, lagu dan tarian lokal lebih banyak dipakai gen Z daripada lagu asik. Satu dari dua gen Z menggunakan Dunia Tipu-tipu oleh Yura Yunita dalam konten-kontennya, sedangkan 1/3 dari mereka menyukai Ojo Dibandingke oleh Farel Prayoga.

Beberapa lagu favorit gen Z lainnya adalah Full Senyum Sayang oleh Evan Loss, I Love Mama Mantu oleh Bulan Sutena, dan Hati-hati di Jalan oleh Tulus.

“Laporan ini juga menunjukkan minat gen Z terhadap elemen-elemen web 3.0, seperti avatar, AR, VR, dan NFT terus meningkat. Berdasarkan survei Populix, sebanyak 65% dari gen Z Indonesia ingin melihat lebih banyak lagi fitur VR di Instagram,” pungkas Revie.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version