youngster.id - Gerakan Masker Untuk Indonesia telah berhasil mengajak lebih dari 60 ribu masyarakat Indonesia untuk berpartisipasi dalam program menggunakan masker kain pada saat bepergian keluar rumah. Hasilnya telah 200 ribu masker kain berjenis bahan scuba disalurkan untuk masyarakat Indonesia.
“Ini merupakan pencapaian kita semua, 200.000 masker berhasil disalurkan tentunya berkat dukungan seluruh donatur, relawan, dan mitra gerakan Masker Untuk Indonesia. Kami di sini tidak bergerak sendiri namun bersama-sama, walau baru genap satu bulan tapi gerakan ini sudah bisa menerima antusiasme yang sangat baik, artinya masyarakat Indonesia memiliki semangat berbagi yang luar biasa,” kata Kevin Osmond, tim relawan Gerakan Masker Untuk Indonesia dalam siaran pers, Sabtu (16/5/2020).
Kegiatan penyaluran masker dari Masker Untuk Indonesia kepada para mitra distribusi dilakukan setiap minggu secara bertahap. Hingga saat ini sudah dilakukan empat tahap penyaluran.
“Kami berharap gerakan ini dapat menjadi inspirasi dan motivasi bagi yang lainnya untuk dapat bergotong royong memutus rantai penyebaran virus corona. Dimulai dengan tindakan sederhana menggunakan masker yang bisa berdampak besar pada keselamatan banyak orang,” tambah Kevin.
Menurut Kevin, gerakan ini yang mempunyai skema unik yaitu, pesan 1 berbagi 3. Jadi satu pemesanan masker kain berbahan scuba akan sekaligus berbagi tiga masker kepada mereka yang membutuhkan di berbagai wilayah Indonesia.
Pemesanan masker ini dilakukan lewat website www.maskeruntuk.id dan didukung oleh delapan mitra distribusi yang telah bekerja sama yaitu Ditlantas Polda Metro Jakarta Raya, Yayasan Benih Baik Indonesia, Yayasan Langkah Kasih, Indonesia Kuat, Building Culture Movement, GP Ansor, PPDI dan Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah.
Gerakan ini mendapatkan dukungan dari para selebriti dan tokoh masyarakat dan juga menggandeng para seniman, brand lokal, dan kolaborator spesial yang sama-sama mengkomunikasikan gerakan ini seperti Raisa, Jalan2Men, Goodnight Electric, dan Senayan City. Saat ini telah tersedia lebih dari 80 desain hasil kolaborasi dengan para seniman dan brand lokal. Kedepannya desain masker ini akan terus bertambah seiring dengan tingginya minat yang ada.
Setiap masyarakat Indonesia bisa turut berpatisipasi dalam gerakan ini melalui 3 cara berbeda. Pertama sebagai pendukung dengan memesan masker untuk disalurkan ke seluruh wilayah Indonesia dan juga membantu mengkomunikasikan gerakan Masker Untuk Indonesia.
Lalu sebagai mitra dengan membantu merancang karya seni untuk masker atau sebagai mitra yang memproduksi masker kain ini atau juga bisa sebagai mitra distribusi.
Terakhir sebagai relawan dengan membantu membuat konten kreatif berupa tulisan, gambar atau video untuk gerakan ini atau membantu sebagai kolaborator dengan seluruh mitra yang dibutuhkan untuk gerakan.
STEVY WIDIA