Girls in Tech Indonesia Selenggarakan Program Beasiswa Bidang Teknologi Untuk Perempuan

Aulia Halimatussadiah Co-Managing Director Girls in Tech Indonesia. (Foto: Stevy Widia/youngster.id)

youngster.id - Girls in Tech Indonesia kembali lagi membuka program beasiswa, Girls in Tech Scholarship. Program beasiswa ini dihadirkan kembali untuk terus mendukung kemajuan perempuan Indonesia dalam bidang teknologi. Akan dipilih 12 perempuan muda Indonesia untuk mengikuti pelatihan dalam bidang Product Management & Data Analytics.

Aulia Halimatussadiah, Co-Managing Director Girls in Tech Indonesia mengatakan, seiring berkembangnya teknologi, permintaan sumber daya manusia di bidang teknologi juga semakin banyak. Perkembangan e-commerce dan startup di Indonesia yang pesat juga menjadi salah satu faktor tingginya permintaan akan talenta-talenta digital di bidang ini.

“Saya percaya bahwa teknologi tidak mengenal gender, siapapun bisa berkembang, siapapun bisa maju dan berkarir di bidang teknologi, termasuk perempuan tanpa latar belakang pendidikan berbasis teknologi sekalipun,” kata Aulia dalam keterangan pers, Rabu (22/6/2022).

Menurut dia, teknologi adalah salah satu sektor dengan partisipasi perempuan yang lebih rendah dibanding dengan industri lainnya, dan kurangnya presensi perempuan di sektor ini dapat mempengaruhi kontribusi keseluruhan mereka terhadap laju ekonomi di Indonesia.

Program ini didanai penuh oleh Education New Zealand yang bekerja sama dengan Remote Skills Academy. Penyelenggara program pendidikan bagi mereka yang ingin bekerja secara online dan juga Code Avengers, sebuah perusahaan pembelajaran online asal New Zealand sebagai penyedia modul program Introduction to Phyton.

Regional Director Asia, Education New Zealand Ben Burrowes mengatakan, sebagian besar pekerjaan akan segera membutuhkan keterampilan teknologi canggih di negara-negara di seluruh dunia termasuk Indonesia.

“Kemajuan teknologi membutuhkan lebih banyak talenta digital dan kami ingin memastikan tidak ada yang tertinggal. Melalui kegiatan ini, Education New Zealand ingin lebih banyak perempuan memiliki keterampilan digital dan teknologi praktis yang dapat membuka lebih banyak peluang bagi mereka untuk mengambil pekerjaan di bidang ini.  Selain itu, kami juga ingin memberikan kesempatan bagi para penerima beasiswa untuk mendapatkan  pengalaman belajar dari institusi New Zealand melalui kerja sama kami dengan Code Avengers,”

Program beasiswa Girls in Tech Indonesia 2022 ini didukung oleh perusahaan start-up yang bergerak di bidang teknologi seperti Qasir, penyedia aplikasi point of sale (POS) yang mendukung sistem kasir digital. Nantinya perusahaan tersebut akan memberikan kesempatan para pemenang untuk magang langsung di kantor mereka.

Berikut adalah syarat untuk dapat mengikuti program beasiswa Girls in Tech Indonesia.

  1. Program beasiswa ini terbuka untuk mahasiswi tahun terakhir atau yang sudah lulus kuliah (atau sederajat) maksimal 1 tahun, tertarik dengan teknologi atau memiliki latar belakang pendidikan di bidang IT (tidak wajib).
  2. Pendaftaran Beasiswa Girls in Tech dilakukan secara online dengan mengisi form pada link berikut: http://bit.ly/GITScholarship2022 dan pastikan menggunakan alamat email yang aktif untuk proses pendaftaran.
Exit mobile version