Give Back Sale 2019, Donasi Bersama untuk Perempuan Korban Kekerasan

Give Back Sale (GBS) pada 22-24 Mei 2019 di Blibli.com. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Indonesia untuk Kemanusiaan (IKa) dan Komnas Perempuan bersama Blibli.com, dan Ke: Kini kembali bekerja sama untuk mengadakan Give Back Sale (GBS) pada 22-24 Mei 2019. Ini adalah acara galang dana yang akan didonasikan untuk para perempuan korban kekerasan.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Give Back Sale terus mengumpulkan barang-barang pre-loved yang berasal dari donasi publik. Namun kali ini, GBS juga menjalin kerja sama perdana dengan perusahaan mal online Blibli.com yang telah mendonasikan produk-produk fashion untuk dijual di GBS.

Direktur Indonesia untuk Kemanusiaan (IKa), Anik Wusari mengatakan selain mendukung kerja-kerja perempuan dan kemanusiaan, Indonesia untuk Kemanusiaan dan Komnas Perempuan selama ini juga mengajak banyak pihak termasuk perusahaan untuk mendukung para perempuan korban kekerasan.

“Kami mendorong semua pihak untuk bergerak bersama dalam berdonasi untuk mendukung perempuan korban kekerasan,” ujar Anik dalam keterangannya, Jumat (24/5/2019) di Jakarta.

Melalui program Pundi Perempuan yang dikelola oleh Indonesia untuk Kemanusiaan (IKa) bersama Komnas Perempuan. Pundi Perempuan kemudian akan menyalurkan dana ke Women’s Crisis Center (WCC), sebuah kumpulan individu, komunitas, dan lembaga pengada layanan yang membantu perempuan korban kekerasan, perempuan pekerja kemanusiaan, dan komunitas atau organisasi perempuan di Indonesia.

Pengumpulan barang donasi dari publik telah dilakukan hingga tanggal 10 Mei 2019. Macam-macam barang yang telah terkumpul antara lain berupa pakaian, sepatu, aksesoris, mainan anak, buku, dan masih banyak lagi. Masyarakat yang datang mendonasikan barangnya tidak hanya berasal dari Jakarta namun juga dari kota-kota lain. Hingga batas pengumpulan donasi ditutup pun masih banyak masyarakat yang ingin berdonasi.

Anik menambahkan bahwa Give Back Sale ini juga menjadi penanda bahwa masyarakat memiliki antusiasme yang tinggi terhadap persoalan yang dialami perempuan. Hal ini juga menunjukkan bagaimana banyak perempuan dan masyarakat umum kemudian bersolidaritas untuk perempuan lain yang menjadi korban.

Mal online Blibli.com turut berpartisipasi di GBS di tahun 2019 ini karena menyadari pentingnya untuk mendukung inisiatif-inisiatif positif untuk perempuan. Kali ini, Blibli.com menyumbangkan ratusan produk fashion untuk dijual di GBS, di mana dana yang dihasilkan akan diberikan pada Pundi Perempuan untuk disalurkan kepada Women’s Crisis Center.

Lisa Widodo, SVP Operations and Product Management menjelaskan inisiatif untuk mendukung pemberdayaan perempuan merupakan salah satu fokus yang menjadi perhatian di Blibli.com.

 “Kami melihat bahwa perempuan adalah pilar penting dan bagian integral dari masyarakat dan kami percaya bahwa semakin sejahtera perempuan, semakin sehat pula masyarakat secara umum. Kami juga secara aktif melakukan program-program edukasi untuk perempuan, salah satunya melalui Komunitas Ibu Pintar. Selain itu kami juga menyediakan kesempatan yang sama dalam bekerja dan berkarir di Blibli.com. Hal ini tercermin dari komposisi yang hampir sama besar antara laki-laki dan perempuan di level manajemen.  Kami berharap partisipasi kami melalui donasi pakaian dalam Give Back Sale ini akan bermanfaat bagi para pembelanja yang datang ke GBS dan hasilnya dapat membantu program perempuan dan women’s crisis center,” papar Lisa.

Data dari Komnas Perempuan menyebutkan bahwa di tahun 2013 terdapat 279.688 kasus kekerasan terhadap perempuan, di tahun 2016 terdapat 321.725 kasus dan 348.446 kasus terjadi selama tahun 2017 dan di tahun 2018 mengalami kenaikan sebesar 14% atau berjumlah 406.178 kasus.

STEVY WIDIA

Exit mobile version