GoFood Bantu Tingkatkan Omzet Mitra Kuliner saat Pandemi

GoFood luncurkan strategi #LebiHepi. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Layanan pesan-antar makanan GoFood mengklaim telah berhasil meningkatkan omzet 74.000 mitra usaha kuliner selama masa Pandemi Covid-19. Berbagai upaya untuk menciptakan demand termasuk program Hari Kuliner Nasional (Harkulnas) GoFood.

Catherine H. Sutjahyo, Chief Food Officer Gojek Group mengungkapkan, memang ada kecemasan terhadap keberlangsungan usaha kuliner lokal terus berlangsung terutama sejak PSBB ditetapkan. Namun, jika dilihat dari jumlah transaksi di GoFood, pihaknya justru melihat adanya peningkatan dalam satu bulan terakhir.

Rupanya, ketatnya aturan yang membatasi kontak sosial, terdapat perubahan perilaku konsumen yang sebelumnya memiliki banyak pilihan untuk makan di tempat makan (dine in), menjadi melakukan pemesanan makan secara daring dari rumah.

“Hal ini menyebabkan banyak mitra merchant UMKM kami yang bisnisnya bergeser dari penjualan offline ke online sepenuhnya. Berbagai upaya untuk menciptakan demand pun kami lakukan, termasuk Harkulnas GoFood, untuk meningkatkan eksposur dan visibilitas mitra usaha agar menjaga kelangsungan pendapatan mitra merchant termasuk UMKM,” kata Catherine dalam keterangan resmi, Selasa (19/5/2020).

Catherine menjelaskan, melalui promo beragam kuliner favorit melalui program Harkulnas GoFood yang berlangsung 1 April – 5 Mei 2020 turut meningkatkan penjualan harian merchant dengan cara mempromosikan UMKM lewat shuffle cards di aplikasi agar menjangkau lebih banyak pelanggan; memberikan promo ongkir pada pelanggan; mengurangi biaya operasional melalui voucher diskon belanja bahan baku; serta meningkatkan efisiensi bisnis UMKM lewat fitur “Recommended Campaign” di aplikasi GoBiz.

Harkulnas GoFood 2020 membantu mencatat keberhasilan puluhan ribu mitra UMKM dalam memaksimalkan pendapatannya. Jumlah pesanan dan omzet merchant yang berpartisipasi rata-rata 12 persen lebih tinggi dibandingkan di luar program. Adapun, waktu pemesanan tertinggi terjadi pada pukul 18.00 – 20.00 WIB (sebelum Ramadan) dan pukul 16.00 – 19.00 WIB (saat Ramadan).

“Selain hasil yang positif dari Harkulnas, harapan mitra usaha kuliner untuk bisa berangsur pulih terlihat semakin besar yang terlihat dari peningkatan transaksi serta pertumbuhan omzet rata-rata mitra merchant GoFood sebesar 10 persen di awal Mei ini, dibandingkan minggu sebelumnya pada April,” pungkasnya.

STEVY WIDIA

Exit mobile version