youngster.id - Usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) perlu untuk mempromosikan produknya agar lebih di kenal masyarakat. Di sisi lain, maraknya media sosial telah menghadirkan profesi baru yaitu influencer. Untuk mempertemukan UMKM dengan influencer, Gojek menggandeng Allstar.id.
Dengan Allstar.id, para mitra UMKM Gojek dapat memanfaatkan fitur yang merekomendasikan influencer dengan jejaring yang tepat untuk mendukung kampanye digital yang sesuai dengan tujuan dan anggaran.
VP Commercial Solutions and Operations Gojek, Vincent Bachtiar mengatakan, Gojek selalu berinovasi mengembangkan teknologi dan produk untuk mendukung UMKM, terutama di tengah pandemi agar UMKM bisa bertahan.
“Kami menggandeng para pemangku kepentingan termasuk platform teknologi Allstar.id yang memiliki visi sama dengan Gojek, dalam memfasilitasi UMKM untuk naik kelas,” kata Vincent, dalam pengumuman kolaborasi Gojek dan Allstar.id, Senin (15/2/2021).
Lebih lanjut pihaknya bertahap, kerja sama ini membuat para mitra UMKM dapat menjangkau lebih banyak konsumen.
Sementara itu, Business Director Allstar.id, Alex Wijaya mengatakan, lewat platform Allstar.id, pelaku UMKM dapat mempromosikan produk mereka di media sosial dengan proses yang cepat dan aman.
“Pemanfaatan influencer marketing sangat efektif mempromosikan brand maupun produk dan layanan. Selama ini UMKM memiliki keterbatasan jejaring di media sosial, namun dengan analitik dan data yang diterapkan Allstar.id, mitra UMKM dan brand bisa lebih mudah mencari influencer yang cocok dengan produk,” kata Alex.
Menurut dia, dengan Allstar.id, mitra UMKM dan brand bisa menemukan influencer yang memiliki dampak positif bagi bisnis. “Ada analitik dan semua berbasis data. Brand pun bisa mempelajari engagement rate dari platform Allstar.id,” tutur Alex.
Platform Allstar.id dapat diakses melalui aplikasi maupun situs web. Alex mengatakan, sejak diluncurkan pada November 2019, sudah ada lebih dari 125 ribu influencer yang bergabung dalam Allstar.id.
Jenisnya pun beragam, mulai dari nano influencer (memiliki follower 1.000-10 ribu), mikro (lebih dari 10 ribu – 100 ribu follower), makro (lebih dari 100 ribu – 1 juta), dan top tier alias selebritas ( lebih dari 1 juta followers).
Pelaku UMKM yang menggunakan aplikasi GoBiz milik Gojek dapat mengakses layanan Allstar.id melalui shuffle card selama periode promosi. Mitra usaha GoFood juga dapat memperoleh lebih banyak informasi tentang Allstar.id melalui platform edukasi jejaring Komunitas Partner GoFood (Kompag).
STEVY WIDIA
Discussion about this post