youngster.id - Tak bisa dipungkiri ekosistem layanan on-demand di masa pandemi ini ditopang oleh UMKM kuliner. Sadar akan hal itu, GoFood dari Gojek mendukung perluasan jejaring Komunitas Partner GoFood (KOMPAG) di tahun 2021.
Head of GoFood Merchant Marketing, Felicia Wijaya mengatakan, sejak pertama kali diperkenalkan melalui grup Facebook, KOMPAG kini telah memiliki lebih dari 67.000 anggota mitra usaha yang berasal dari 69 kota di Indonesia. Untuk itu, selama pandemi GoFood mendukung mitra usaha bertahan dan mengembangkan bisnis sebaik-baiknya dengan menggunakan inovasi teknologi di ekosistem Gojek.
“Kami terus menyesuaikan bentuk dan materi yang dibawakan KOMPAG, wadah edukasi dan berjejaring yang sudah kita kembangkan satu tahun terakhir, agar dapat memberi manfaat non-teknologi, sebesar-besarnya kepada UMKM kuliner di masa yang menantang ini,” kata Felicia dalam keterangannya Rabu (11/11/2020).
Menurut dia, GoFood telah memberikan lebih dari 100 tema pelatihan lewat sesi pelatihan reguler, Ngobrol Pintar bareng GoFood (NGOPI) Live melalui Facebook dan kegiatan Temu KOMPAG. Selama pandemi, judul pelatihan KOMPAG disesuaikan sehingga dapat menjawab kebutuhan para mitra UMKM, baik untuk meningkatkan transaksi dengan solusi dari ekosistem Gojek dan tips dan trik dari para praktisi untuk mengembangkan usaha dengan strategi pemasaran yang kreatif. Selain itu, GoFood rutin membagikan insights berbasis data untuk menginspirasi mitra UMKM berinovasi dan meningkatkan transaksi.
“Sesi pelatihan reguler KOMPAG yang diadakan secara online dan diikuti rata-rata 2.000 peserta per sesi atau naik 20 kali lipat dari jumlah anggota yang hadir ke pertemuan fisik di masing-masing kota,” lanjut Felicia.
Selain itu, mengusung semangat gotong royong kuat, KOMPAG juga memfasilitasi terbentuknya komunitas tingkat kota, seperti di Bandung, Depok, Semarang, yang aktif menggalang bantuan sosial bagi masyarakat terdampak pandemi, membuktikan bahwa relasi di KOMPAG telah melampaui hubungan profesional.
“Kami sangat bangga dengan pencapaian mitra usaha GoFood yang sangat menginspirasi walaupun di tengah masa pandemi. Semangat ini mendorong kami untuk terus berinovasi mendukung ratusan ribu UMKM kuliner yang ada di ekosistem GoFood agar tetap #MelajuBersamaGojek dengan solusi komprehensif, mencakup dukungan bisnis dari hulu ke hilir, baik berupa solusi teknologi maupun non-teknologi. Dukungan ini kami harapkan dapat berkontribusi untuk mengakselerasi hasil program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN),” tutup Felicia
STEVY WIDIA
Discussion about this post