youngster.id - Layanan on-demand Gojek jelang satu dekade terakhir, inisiatif #AmanBersamaGojek diwujudkan melalui tiga pilar utama, yakni proteksi, edukasi, dan teknologi.
Dari segi pilar proteksi, di tahun 2024 saja coverage asuransi keselamatan perjalanan Gojek sudah menemani lebih dari dua milyar kilometer perjalanan bagi seluruh mitra driver dan konsumen. Gojek memfasilitasi mitra driver dengan kepemilikan asuransi tambahan seperti asuransi kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, dan asuransi kendaraan bermotor.
Sejak tahun 2019, Gojek menjadi satu-satunya aplikator yang telah bekerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan untuk memfasilitasi pendaftaran dan pembayaran program Jaminan Sosial seperti Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM) dan Jaminan Hari Tua (JHT).
Saat ini, kepemilikan asuransi dan produk keuangan sejenis di antara mitra driver Gojek sudah tercatat lebih tinggi dari rata-rata nasional yang baru mencapai 38% (Survei Angkatan Kerja Nasional Agustus 2021).
Dalam bentuk edukasi, melanjutkan pelatihan-pelatihan yang telah berlangsung sejak 2015, Gojek bekerjasama dengan instansi-instansi seperti Kementerian Perhubungan, Kementerian Ketenagakerjaan, Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia, Korps Lalu Lintas Kepolisian Negara Republik Indonesia (Korlantas Polri), Pemerintah Daerah, hingga pihak swasta seperti Astra dan Rifat Driver Labs (RDL), kembali melanjutkan pelatihan safety riding di tahun 2024 ini.
“Sejak diluncurkan, modul pelatihan keamanan berkendara ini sudah diselesaikan hingga lebih dari dua setengah juta kali oleh mitra driver, baik secara daring melalui aplikasi GoPartner maupun offline. Kami bersyukur, konsistensi kami juga disambut dengan antusiasme yang begitu tinggi dari mitra driver kami. Semoga langkah #AmanBersamaGojek ini dapat semakin memberikan rasa aman dan kepuasan untuk konsumen,” kata Head of Region Gojek, Gede Manggala, Rabu (17/7/2024).
Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI, Rachmat Kaimuddin menambahkan, langkah inovatif dan konsistensi dari Gojek perlu diapresiasi, bagaimana teknologi dapat meningkatkan keselamatan dan kenyamanan. Asuransi perjalanan yang telah menyertai seluruh perjalanan Gojek juga selaras dengan program Pemerintah.
“Kepercayaan masyarakat terhadap layanan Gojek yang tinggi menjadi salah satu bukti keberhasilan berbagai inisiatif Gojek ini. Kami berharap mitra driver Gojek tetap terus berhati-hati dijalan dan menjadi pelopor perwujudan lalu lintas yang aman dan transportasi yang nyaman bagi Masyarakat,“ ujar Rachmat.
“Ke depan, kami terus meningkatkan inovasi #AmanBersamaGojek dan mendorong kolaborasi dengan banyak pihak agar Gojek terus menjadi layanan transportasi online andalan masyarakat Indonesia.” tutup Gede.
STEVY WIDIA
Discussion about this post