Google Beri Pelatihan UKM di Bali

Google kembali menggelar Gapura Digital, yaitu pelatihan bagi UKM. (Foto: dok.Youngster.id)

YOUNGSTER.id - Setelah sukses hadir di enam kota di Indonesia, pelatihan Gerakan Pelatihan Usaha Rakyat Digital (Gapura Digital) kembali akan digelar di Bali, pada 12 Agustus 2017.

Gapura Digital merupakan rangkaian program pelatihan gratis untuk pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) yang diinisiasi oleh Google.Kali ini, lokakarya Gapura Digital akan bekerja sama dengan co-working space Kumpul sebagai tempat pelaksanaan, program ini dijanjikan mampu mengasah kemampuan pelaku UKM Pulau Dewata dalam mengembangkan bisnisnya melalui dunia
digital.

Rangkaian pelatihan pada program Gapura Digital ini diberikan secara cuma-cuma, dan siapa pun dapat mendaftar di g.co/gapuradigital. Melalui pelatihan ini, peserta akan mempelajari beragam cara untuk memanfaatkan internet dalam memasarkan bisnis mereka, dengan materi-materi seperti: petunjuk untuk memasarkan bisnis di YouTube, tips terkait SEO dan SEM, dan petunjuk untuk menggunakan produk-produk dari Google

Dimulai sejak bulan Mei 201 7, hingga kini rangkaian Gapura Digital tahun ini telah menjangkau setidaknya 4.570 pelaku usaha. Beragam manfaat seperti berdiskusi langsung oleh para pengajar dan kesempatan untuk berbagi pengalaman dengan pebisnis lainnya bisa didapatkan melalui program ini.

“Program Gapura Digital ini sangat bermanfaat bagi para pebisnis seperti saya. Pada kelas ini, Saya tak hanya diajarkan bagaimana memanfaatkan digital untuk mengembangkan bisnis tetapi juga berkesempatan untuk berdiskusi dengan para pengajar, pebisnis lainnya, dan juga tim dari Google,” ungkap Irena Saputro, pemilik Cokelatin, yang pernah mengikuti Gapura Digital di Jakarta.

Irena pun berharap kedepannya kelas seperti ini akan terus ada untuk mendukung para pebisnis di Indonesia, guna mengenal lebih dalam mengenai pemanfaatan digital dalam pengembangan bisnis.

 

FAHRUL ANWAR