Google I/O 2024: Jadikan AI Bermanfaat Untuk Semua

Google I/O 2024

Google I/O 2024: Jadikan AI Bermanfaat Untuk Semua (Foto: Istimewa)

youngster.id - Google telah sepenuhnya memasuki era Gemini. Saat ini, lebih dari 1,5 juta developer telah menggunakan model Gemini di berbagai alat Google untuk men-debug kode, mendapatkan insight baru, dan membangun aplikasi AI generasi berikutnya. Google juga telah menghadirkan kapabilitas mutakhir Gemini.

CEO Google dan Alphabet Sundar Pichai memaparkan, Google telah lebih dari satu dekade berinvestasi dalam teknologi AI — dan menciptakan inovasi di setiap komponennya, dari riset, produk, hingga infrastruktur.

“Kami melihat begitu banyak peluang di masa depan bagi kreator, developer, startup, dan siapa saja. Tujuan utama era Gemini adalah membantu Anda semua memanfaatkan peluang tersebut,” ungkap Pichai pada acara I/O 2024 baru-baru ini.

Rencana pengembangan Gemini: model AI inovatif telah disampaikan pada tahun lalu. Menurut Pichai, program ini dirancang dengan kemampuan multimodal secara bawaan, sehingga bisa memproses teks, gambar, video, kode pemrograman, dan lainnya.

Pichai menjelaskan hal ini menandai sebuah kemajuan besar dalam pemrosesan input menjadi output — dengan kata lain, “I/O” bagi generasi baru. Setelah itu, Google meluncurkan beberapa model Gemini pertama dan tercanggih kami sejauh ini, dengan performa terdepan di setiap tolok ukur kemampuan multimodal.

“Dalam dua bulan kemudian, kami memperkenalkan Gemini 1.5 Pro yang membawa terobosan besar dengan rentang konteks panjangnya. Ia dapat menjalankan 1 juta token secara konsisten dalam proses produksi, melampaui semua model dasar berskala besar lain yang tersedia sekarang. Kami ingin siapa saja dapat merasakan manfaat kecanggihan Gemini,” paparnya.

Menurut Pichai, saat ini, lebih dari 1,5 juta developer telah menggunakan model Gemini di berbagai alat Google untuk men-debug kode, mendapatkan insight baru, dan membangun aplikasi AI generasi berikutnya. Google juga telah menghadirkan kapabilitas mutakhir Gemini.

Sekarang, Gemini telah mendukung semua produk “2 miliar pengguna” Google. Orang juga dapat berinteraksi dengan Gemini langsung melalui aplikasi yang tersedia di Android dan iOS, dan melalui Gemini Advanced yang menyediakan model tercanggih.

Menurut Pichai, kehebatan Gemini — dengan multimodalitas, konteks panjang, dan agen — membawa kita lebih dekat dengan tujuan akhir kami yaitu membuat AI bermanfaat bagi siapa saja. “Kami melihat ini sebagai cara utama kami untuk berusaha mewujudkan misi kami, mengelola informasi dunia dari semua input, membuatnya mudah diakses dengan output apa saja, dan mengombinasikan informasi dari seluruh dunia dengan informasi dari anda, dengan cara yang benar-benar membantu anda,” pungkasnya.

 

STEVY WIDIA

 

Exit mobile version