Google Indonesia Hadirkan Pencari Kerja Dengan AI

Product Management Director Google Search Ken Tokusei. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Perusahaan teknologi Google menghadirkan tiga produk yang fokus pada pengguna di Indonesia. Salah satunya adalah Jobs on Google Search, yang memungkinkan pengguna mencari pekerjaan di perusahaan nasional.

Dengan menggunakan kata kunci ‘lowongan pekerjaan’, maka Google akan langsung menampilkan lowongan pekerjaan dari seluruh situs. Pekerjaan yang tersedia akan dibagi berdasarkan jenis, industri, dan kota di Indonesia.

“Kami optimistis dampaknya akan positif bagi (pengguna) Indonesia,” kata Ken Tokusei Product Management Director Google Search dalam acara Google for Indonesia baru-baru ini di Jakarta.

Menurut Ken, Google sudah membantu lebih dari 100 juta orang di berbagai negara untuk menemukan lowongan pekerjaan.

Yang menarik, Google menggunakan teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) yang memungkinkan pencarian informasi secara maksimal dalam bahasa Indonesia. Sebab, lebih dari 50% informasi yang tersedia menggunakan bahasa Inggris. Kurang dari 1% yang menggunakan bahasa Indonesia.

Untuk menutup kekurangan tersebut, Google bekerja sama dengan Wikipedia. Lewat kolaborasi tersebut, informasi yang tersedia di Wikipedia bisa diubah ke bahasa Indonesia secara otomatis. Hal ini merupakan langkah pertama Google di Asia.

Baca juga :   Bukalapak Akan Bangun Pusat Pengembangan AI

STEVY WIDIA