Google Maps Punya Tampilan Baru

Tampilan Google Maps. (Foto: Istimewa/Youngster.id)

YOUNGSTER.id - Google Maps baru saja menerima pembaruan. Pada versi terbaru ini, layanan navigasi digital ini memiliki UI baru dan perubahan ikon yang membuatnya tampak lebih baik.

Google Maps adalah layanan pemetaan yang dikembangkan oleh Google. Layanan ini menyuguhkan gambar satelit, peta jalanan, tampilan jalanan panorama 360 derajat (Street View), kondisi lalu lintas real-time serta pilihan rute untuk perjalanan menggunakan mobil, sepeda, transportasi publik dan berjalan kaki.

“Kini kami memperbarui Google Maps dengan tampilan baru yang lebih baik dalam mencerminkan dunia kalian,” tulis Google dalam keterangannya.

Dilansir Phone Arena, Jumat (17/11/2017), pembaruan ini mencakup fitur “Driving”, “Navigation”, “Transit”, dan “Explore” yang diharapkan dapat mempermudah pengguna. Misalnya, kini pengguna bisa melihat dan mengetahui lokasi POM bensin lebih jelas daripada sebelumnya.

Selain itu, Google Maps juga akan memiliki warna dan berbagai ikon baru yang dapat membantu pengguna lebih cepat mengidentifikasi tempat-tempat menarik tertentu.

Misalnya, ketika pengguna ingin mencari rumah sakit dengan cepat, ikon dan warna yang mewakilinya menjadi lebih mudah ditemukan. Contoh lain, lokasi “Food & Drink” akan memiliki ikon berwarna oranye, sehingga para penggemar kuliner dan kopi lebih mudah menemukan tempat-tempat tersebut.

Google membedakan setiap jenis lokasi di Maps dengan warna berbeda, termasuk “Transport” dengan warna biru dan Outdoor berwarna hijau.

Pembaruan ini akan dirilis secara berkala di Google Maps dan berbagai aplikasi lain yang menggunakan layanan tersebut, termasuk Google Assistant, Earth, Search dan Android Auto.

“Kalian akan melihat perubahan-perubahan tersebut di semua produk Google yang terhubung Google Maps termasuk Assistant, Search, Earth dan Android Auto. Seiring waktu, gaya baru ini juga akan tampil di berbagai aplikasi, situs web, dan layanan lain milik perusahaan-perusahaan yang menggunakan API Google Maps. Bagaimana dan di mana pun kalian menggunakan Google Maps, akan memiliki pengalaman yang sama,” jelas Google.

Jajaran produk Google tidak hanya bisa digunakan dalam ekosistem perangkat buatan perusahaan itu sendiri. Misalnya, Google Maps yang tidak hanya tersedia untuk perangkat Android, tapi juga bisa diakses oleh para pengguna iOS. Google Maps dirilis 12 tahun lalu, tepatnya pada 8 Februari 2005.

STEVY WIDIA