Google Sedia Perangkat Untuk Ubah Data Jadi GIF

Markas Google. (Foto: Istimewa/Youngsters.id)

YOUNGSTER.id - Google meluncurkan alat animasi yang memungkinkan pengguna untuk mengubah bagan angka sehingga menjadi lebih menarik, dalam bentuk ilustrasi dan animasi GIF.

Alat animasi bernama Data GIF Maker tersebut memungkinkan pengguna untuk mengatur parameter yang diinginkan, untuk kemudian diubah menjadi data visual. Aplikasi tersebut ditujukan untuk membantu jurnalis yang mengandalkan data dalam menulis berita.

Editor data Google, Simon Rogers menyebut kemudahan yang ditawarkan oleh alat tersebut tetap dapat dinikmati oleh seluruh pengguna. Sementara itu, tim Google menyebut alat ini umumnya mengarahkan GIF Maker untuk memvisualisasikan minat pencarian pengguna.

Namun, Rogers menjelaskan alat ini memberikan peluang untuk dapat diaplikasikan lebih banyak bidang, termasuk mempresentasikan kembali angka pada hasil pemungutan suara, angkat terkait dengan penjualan, rating film, dan sebagainya.

Untuk memanfaatkan Data GIF, pengguna hanya perlu memasukan poin data, memilih nama untuk poin yang ingin perbandingkan, memilih warna untuk setiap data, menambahkan teks penjelasan, dan mengklik ‘Download as GIF’ untuk menciptakan gambar berformat GIF.

Hingga saat ini, Google menyebut masih mengembangkan kemampuan alat ini sehingga memungkinkan pengguna untuk memilih cara data ditampilkan dari waktu ke waktu. Hal ini berarti pengguna diharuskan untuk sering menambahkan informasi tambahan secara terpisah.

Selain itu, Google juga menyebut akan merilis update berisi sejumlah fitur baru pada aplikasi unik tersebut. Pengguna yang tertarik mencoba Data GIF Maker dapat mengeksplorasinya di situs khusus yang dibuat oleh Google News Lab.

STEVY WIDIA