GoSend Berbagi Kiat Jitu Jadi Best Seller di Era Digital

Gosend Buku

Peluncuran buku "Kiat Jitu Menjadi Best Seller: Dukungan GoSend untuk Pertumbuhan UMKM di Era Digital." (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Pelaku usaha mikro kecil dan menengah membutuhkan pengetahuan untuk bisa mengembangkan usaha di era digital saat ini. Untuk mendukung hal itu, GoSend meluncurkan buku “Kiat Jitu Menjadi Best Seller: Dukungan GoSend untuk Pertumbuhan UMKM di Era Digital.” Buku ini merangkum lanskap dan berbagai strategi bisnis UMKM di era digital.

Head of Marketing Logistics Gojek, Marsela Renata mengatakan, buku ini disusun untuk menjawab kebutuhan dan membekali para pelaku UMKM, khususnya social seller dengan wawasan yang relevan sehingga mereka mampu memaksimalkan potensi bisnisnya di era digital.

“Cukup banyak pelaku UMKM yang sudah go digital namun masih menghadapi sejumlah tantangan, terutama pada jalur pemasaran digital dan efektivitas bisnis. Kami harapkan buku ini dapat membantu pelaku UMKM menjawab tantangan-tantangan tersebut,” ucap Marsela dalam jumpa pers Selasa (24/5/2022).

Menurut dia, buku ini melibatkan sejumlah pakar di bidang bisnis dan pemasaran khususnya di sektor UMKM. Diantaranya Prof Rhenald Kasali Guru Besar Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI), Yuswohady Praktisi dan konsultan marketing di Inventure, Yudo Anggoro  Kepala Sekolah Bisnis Manajemen (SBM) ITB Kampus Jakarta dan Direktur Center for Policy and Public Management SBM ITB. Lalu Wulan Ayodya Konsultan wirausaha, Founder lembaga kursus UMKMKU dan Arief Ardinugroho Konsultan bisnis dari Funtastic Consulting.

“Selain itu buku ini juga dilengkapi dengan kisah inspiratif dari para #BestSellerGoSend yang membagikan pengalaman serta tips dan trik lika liku berwirausaha,” ujarnya.

Diluncurkannya buku ini melanjutkan upaya berkelanjutan GoSend dalam mendukung pelaku UMKM social seller meningkatkan skala bisnisnya.  Pada tahun 2021 lalu, riset oleh Lembaga Demografi FEB UI menemukan bahwa mayoritas social seller (71%) mengatakan bahwa layanan GoSend membantu menghemat waktu dan 35% merasakan perubahan pendapatan usaha online semenjak mulai menggunakan layanan GoSend.

Sinergi layanan logistik yang handal dan partner e-commerce pun turut menjadi pilihan bagi para seller, dimana melalui data internal GoSend yang mencatat kenaikan transaksi Q1 2022 GoSend di Tokopedia sebanyak lebih dari 2x lipar dibandingkan tahun lalu, dan jumlah seller UMKM pengguna GoSend di Tokopedia yang naik 65% pada periode yang sama.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version