youngster.id - Turut memerangi COVID-19, Grab Indonesia dan Good Doctor Technology Indonesia (GDTI) menandatangani Perjanjian Kerja Sama dengan Kementerian Kesehatan untuk menghadirkan layanan khusus pemeriksaan (screening) awal COVID-19. Layanan ini berupa tanya jawab online (telekonsultasi) di platform GrabHealth powered by Good Doctor.
Melalui kesepakatan ini, GrabHealth powered by Good Doctor menjadi salah satu garda depan dan mitra resmi yang dipercaya pemerintah untuk melakukan screening risiko infeksi COVID-19 melalui sistem telekonsultasi langsung dengan mitra dokter yang siaga 24/7.
drg. Oscar Primadi, MPH. Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan Republik Indonesia mengungkapkan, screening ini diharapkan bisa membantu mengindikasi masyarakat dengan risiko COVID-19 rendah, sedang, maupun tinggi, untuk kemudian diberikan rekomendasi lebih lanjut oleh mitra dokter sesuai protokol kesehatan penanganan COVID-19 yang ditetapkan Kementerian Kesehatan.
“Layanan tanya jawab online langsung dengan mitra dokter 24/7 serta bebas biaya yang diberikan GrabHealth powered by Good Doctor akan menjadi langkah pemeriksaan awal yang penting untuk mengidentifikasi risiko COVID-19 pada masyarakat, sehingga masyarakat tidak perlu panik dan kemudian memenuhi faskes seperti puskesmas atau rumah sakit yang justru bisa menambah risiko terpapar dengan COVID-19,” ungkap Oscar dalam keterangan resmi, Selasa (24/3/2020) di Jakarta.
Dia menegaskan, semua mitra dokter Good Doctor mendapatkan bekal secara langsung dengan satu pedoman konsultasi yang terstruktur, bekal rekomendasi medis yang akurat, dan berbagai informasi terkini mengenai wabah COVID-19 dari Kementerian Kesehatan untuk memastikan kualitas layanan yang baik, andal dan akurat.
Danu Wicaksana, Managing Director Good Doctor Technology Indonesia memaparkan, Good Doctor siap tanggap mendukung dan membantu pemerintah dalam penanganan pandemi COVID-19 ini, dengan didukung sistem teknologi mumpuni, kapasitas pelayanan yang memadai, dan mitra dokter yang professional.
“Kami yakin GrabHealth powered by Good Doctor dapat memberikan kontribusi positif yang signifikan. Layanan terpadu kami dilengkapi dengan pengantaran produk kesehatan bekerja sama dengan Grab dari jaringan mitra apotek resmi berlisensi di Indonesia yang jumlahnya lebih dari 1.000,” ucap Danu.
Layanan Good Doctor terintegrasi dalam aplikasi Grab, pengguna hanya perlu memilih menu ‘Kesehatan’ pada aplikasi Grab untuk mengakses layanan. Menurut Danu, dalam seminggu terakhir, permintaan tanya jawab di platform ini meningkat 400% dengan tanya jawab seputar COVID-19 meningkat 20x lipat di bulan Maret dibandingkan bulan Februari.
“Kepercayaan ini merupakan tugas dan tanggung jawab penting bagi kami. Dengan tools yang kami miliki, kami merasa penting bersinergi dengan pemerintah demi mempercepat penanganan COVID-19 dengan memfasilitasi masyarakat melalui layanan telekonsultasi agar terhindar dari risiko penularan di rumah sakit atau fasilitas kesehatan,” kata dr. Adhiatma Gunawan, Head of Medical Management of Good Doctor.
Sementara itu, Neneng Goenadi, Managing Director Grab Indonesia menambahkan, sebelum wabah COVID-19 terkonfirmasi positif di Indonesia pihaknya telah menjalin komunikasi intensif dengan badan pemerintah terkait sebagai upaya antisipasi dini.
“Hal ini merupakan bagian dari inisiatif #KitaVSCorona yang kami luncurkan sebagai wujud upaya bersama memerangi COVID-19. Sebagai bentuk komitmen kami, Grab akan menyediakan armada khusus layanan transportasi dan pengiriman (GrabCar, GrabBike, GrabExpress dan GrabFood) untuk para tenaga medis yang menjadi garda depan penanganan COVID-19 di berbagai fasilitas medis terpilih,” ucap Neneng.
STEVY WIDIA
Discussion about this post