Harbolnas 12.12 Menjadi Festival Belanja Paling Diminati Konsumen Indonesia

belanja online

Konsumen Berpotensi Batalkan Transaksi Belanja Online Jika Chat Tidak Dibalas (Foto: Ilustrasi)

youngster.id - Hari belanja online (Harbolnas) 12.12 menjadi festival belanja yang paling diminati konsumen Indonesia. Pada tahun lalu, penjualan tumbuh 304%. Pertumbuhannya jauh lebih tinggi dibandingkan 11.11 196% maupun 10.10 268%. Begitu pun terkait lalu lintas atau traffic. Pada 12.12 pertumbuhannya 157%, sementara 11.11 86% dan 10.10 119%.

“Festival belanja 12.12 terus menjadi momen retail utama untuk regional, khususnya Indonesia. Kami terus melihat rekor baru dalam penjualan traffic setiap tahun,” kata Pauline Lemaire Diector of Account Strategy for Large Customers Criteo, SEA, Hong Kong and Taiwan dalam keterangannya, baru-baru ini.

Dia mengungkapkan pada Q3 2020, 78% konsumen Indonesia telah mengklik iklan dalam aplikasi dalam 6 bulan terakhir . Bahkan 53% dari mereka melakukan pembelian setelah mengklik iklan dalam aplikasi.

“Dengan pembeli yang sekarang lebih terbuka terhadap pengalaman ritel di dalam aplikasi, peritel harus meningkatkan upaya untuk melibatkan konsumen melalui media ini selama momen ritel utama seperti 12.12 untuk mencapai daya tarik yang maksimum,” kata Pauli.

Harbolnas 12.12 menjadi puncak dari festival diskon tahun ini. Criteo memperkirakan transaksi selama festival belanja ini lebih tinggi dibandingkan tahun lalu, karena terdongkrak pandemi corona. Perusahaan e-commerce seperti Shopee, Lazada, Tokopedia, dan Bukalapak menyiapkan diskon hingga 99% dalam rangka hari belanja online nasional (harbolnas) 12.12. Platform periklanan,

Bukalapak menawarkan uang kembali (cashback) hingga Rp 5 juta dalam rangka harbolnas selama 25 November sampai 18 Desember. Selain itu, menyediakan empat kali flash deal sehari dengan potongan harga minimal 20% untuk produk seperti iPhone, PlayStation, Nintendo, laptop dan televisi.

Selain itu, voucer cashback hingga Rp 3 juta. “Kami berusaha memberikan penawaran semenarik mungkin bagi seluruh pengguna,” kata Erick Wicaksono VP of Marketing Bukalapak.

Sementara itu, Tokopedia menyediakan diskon 99% untuk produk elektronik dan 90% atas produk furnitur. E-commerce asal Singapura, Shopee juga menawarkan potongan harga hingga 90% dan flash sale Rp 12 ribu. Selain itu, terdapat promosi ShopeePay serba Rp 1 selama 1-12 Desember, serta Shopee Gajian Sale saat Natal.

Pada puncak kampanye 12 Desember nanti, Shopee akan menampilkan bintang K-Pop seperti GOT7 dan Stray Kids. “Belanja online telah menjadi pusat kehidupan masyarakat banyak,” kata Head of Brands Management and Digital Products, Shopee Indonesia Daniel Minardi.

Sementara Lazada dalam festival belanja 12.12 memberikan diskon hingga 99% dan gratis ongkos kirim (ongkir). Lalu, JD.ID juga menawarkan promosi 12 kali gratis ongkir tanpa minimum pembelian dan diskon sampai 80%. Sedangkan Jakmall memberikan potongan harga hingga 90% dan dua kali flash deals sehari.

Kemudian, Zalora menyediakan diskon hingga 90% selama 1-17 Desember. “Kami selalu bersemangat menyiapkan pesta diskon terbesar di akhir 2020, karena antusiasme masyarakat terus meningkat setiap tahunnya,” kata Anthony Fung CEO Zalora.

 

FAHRUL ANWAR

Exit mobile version