Huawei dan Telkom Bangun Infrastruktur Telekomunikasi di Pulau Sebaru

Dukungan infrastruktur telekomunikasi di Pulau Sebaru. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Guna mendukung kelancaran aktivitas telekomunikasi pada proses karantina Warga Negara Indonesia terkait virus Corona di Kepulauan Seribu, Telkom Indonesia dan Huawei Indonesia memberikan sumbangsihnya dengan bersama-sama membangun infrastruktur telekomunikasi di Pulau Sebaru, Kepulauan Seribu.

Huawei Indonesia menerima permintaan dari Telkom Indonesia untuk menyediakan dua IP Microwave link di Kepulauan Seribu. Permintaan tersebut diajukan bersama dengan surat resmi dari TNI Angkatan Laut Indonesia ke pihak Telkom Indonesia yang membutuhkan infrastruktur telekomunikasi untuk mendukung langkah Pemerintah Indonesia dalam melakukan karantina terhadap 260 Warga Negara Indonesia terkait isu virus Corona di kapal pesiar Princess Diamond dan World Dream.

Telkom Indonesia dan Huawei dengan cepat dan sigap membuat rencana, mengalokasikan materi, dan mengorganisasi tim yang terdiri dari personel yang memiliki kompetensi dan kemampuan untuk penanganan pekerjaan yang mendesak. Kondisi cuaca yang ekstrim dan ketiadaan kapal umum yang tersedia, menjadikan tim Huawei dan Telkom selama dua hari mendapatkan bantuan dari kapal milik TNI Angkatan Laut RI untuk pengiriman material yang diperlukan di lokasi.

Sesampai di Pulau Sebaru, tidak ditemukan satu menara pun sehingga instalasi antena dilakukan pada pohon kelapa. Secara keseluruhan sebanyak 20 tenaga kerja dikerahkan untuk menyelesaikan pekerjaan mendesak tersebut dari pukul 06.00 pagi hingga pukul 24.00 WIB. Pekerjaan berlangsung selama lima hari.

Pada 29 Februari 2020 pukul 16.00 WIB, hop pertama berhasil on-air, dan pada 1 Maret 2020 pukul 17.00 WIB hop kedua berhasil on-air. KPI yang ditentukan oleh TNI Angkatan Laut berhasil dipenuhi oleh Huawei dan Telkom Indonesia.

Telkom menyampaikan apreasiasi yang tinggi kepada tim Huawei yang dengan profesionalisme yang tinggi dan keahlian yang mumpuni berhasil mendukung penyelesaian implementasi ini dengan baik. Telkom berharap tim Huawei terus mempertahankan serta memperkuat profesionalitasnya, dan terus memberikan dukungan kepada Telkom di masa-masa mendatang.

STEVY WIDIA

Exit mobile version