Huawei : HarmonyOS Bukan Pengganti Android

Richard Yu, CEO dari Huawei Consumer Business Group pada peluncuran HarmonyOS. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Setelah diluncurkan di ajang Huawei Developer Conference, Huawei memperkenalkan sistem operasi terbarunya HarmonyOS untuk diterapkan di berbagai perangkat dan skenario ke pasar Indonesia. Perangkat ini sempat disebut akan menggantikan OS Android. Namun Huawei dengan tegas menyanggahnya.

“HarmonyOS bukanlah alternatif atau pengganti Android. HarmonyOS dibuat untuk menghubungkan ekosistem secara mulus,” ungkap James Lu, Senior Manager EMUI Product Marketing Huawei dalam keterangannya, Rabu (28/8/2019) di Jakarta.

Dia menjelaskan, Android merupakan sistem operasi yang sudah matang untuk smartphone dan tablet. Android juga lebih fleksibel, sehingga vendor lain bisa memadukannya dengan OS bikinan sendiri, seperti EMUI. “HarmonyOS akan siap digunakan untuk smartphone apabila kami tidak bisa menggunakan Android lagi,” ujarnya.

James menjelaskan bahwa HarmonyOS adalah sistem operasi masa depan yang menghubungkan perangkat satu sama lain dengan satu sistem operasi, sesuai namanya. Sehingga perangkat seperti wearable device, smartphone, smart TV, speaker dan sebagainya bisa saling terkoneksi hanya dengan basis satu OS saja. Meski banyak smartphone dan tablet masih bertahan dengan Android, namun James mengatakan perangkat tersebut tetap akan bisa terhubung dengan perangkat lain berbasis HarmonyOS.

“EMUI (antarmuka ponsel Huawei) adalah sistem operasi yang bisa di-customize dengan basis Android. Ada beberapa karakter EMUI dan HarmonyOS yang sama, karena kita membangun teknologi ini sendiri,” jelasnya.

Karakteristik yang dimaksud James adalah deterministic latency engine, formal verification TEE microkernel, dan Multi Device Integrated Development Environment (IDE). Karakteristik terakhir memungkinkan aplikasi dikembangkan dengan satu proses, lalu dapat digunakan untuk beberapa perangkat. HarmonyOS kini telah terimplementasi di smart TV yang baru saja dirilis Huawei di China beberapa waktu lalu. Rencana selanjutnya, smartwatch Huawei ke depan akan berjalan dengan HarmonyOS.

Rencananya, konsumen Huawei di Tanah Air baru bisa menjajal HarmonyOS melalui smartwatch yang akan rilis tahun depan.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version