Huawei Siapkan 70 Aplikasi Android Paling Populer

Huawei High-end Experience Shop (HES) di PIM 2, Jakarta. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Huawei tak lagi bisa mengandalkan Google Mobile Services (GMS) termasuk Play Store, yang berisi banyak aplikasi. Untuk itu, Huawei terus mengembangkan berbagai aplikasi Android populer untuk ekosistemnya.

Huawei kabarnya akan menghadirkan 70 aplikasi Android paling populer untuk deretan smartphone terbarunya nanti. Dilansir dari GSM Arena, Sabtu (8/2/2020), semuanya akan menjadi aplikasi pre-installed atau bawaan.
Aplikasi-aplikasi tersebut akan dikelompokkan berdasarkan wilayah, serta akan diperbarui berdasarkan daftar populer di Play Store.

Laporan mengenai rencana kehadiran 70 aplikasi populer tersebut berasal dari presentasi tertutup yang diadakan oleh Huawei untuk jurnalis dari Eropa Timur. Huawei diperkirakan menerapkan rencana baru ini pada seri P40, yang diprediksi akan diumumkan pada 26 Maret 2020.

Rencana Huawei ini dapat memudahkan para pengguna smartphone baru miliknya. Pengguna tidak perlu bergantung pada file APK untuk bisa menggunakan aplikasi Android disebabkan absennya Play Store.

Lebih lanjut, Huawei sebelumnya juga telah resmi menjalin kerja sama dengan perusahaan pemetaan digital dan navigasi asal Belanda, TomTom. Kesepakatan tersebut membuat Huawei bisa menggunakan layanan dan peta TomTom pada aplikasi-aplikasi smartphone miliknya.

Kerja sama dengan TomTom merupakan upaya Huawei memperkuat ekosistemnya, setelah tidak lagi bisa menggunakan ekosistem Google termasuk Maps pada smartphone besutannya.

Kendati demikian, Huawei tetap tidak dapat menghadirkan beberapa aplikasi populer seperti Facebook Messenger, Instagram, dan WhatsApp. Semua aplikasi tersebut adalah milik perusahaan Amerika Serikat (AS).

STEVY WIDIA

Exit mobile version