Hyperlocal Tokopedia Dorong Peningkatan Transaksi di Berbagai Wilayah Antarpulau

Tokopedia Nuraini Razak

Direktur Corporate Affairs Tokopedia, Nuraini Razak. (Foto: stevywidia/youngster.id)

youngster.id - Momen Ramadhan membuat masyarakat juga cenderung lebih antusias untuk berbelanja berbagai produk kebutuhan Ramadhan hingga Lebaran lewat kanal online. Peningkatan terlihat dalam transaksi di e-commerce Tokopedia yang mengalami peningkatan transaksi termasuk di berbagai wilayah di luar kota besar utama Indonesia.

Direktur Corporate Affairs Tokopedia, Nuraini Razak mengatakan, terjadi peningkatan transaksi antarpulau pada periode Ramadan 2023.

“Berkat inisiatif Hyperlocal Tokopedia,yang mendekatkan penjual dan pembeli di mana pun mereka berada, maka terjadi peningkatan transaksi di sejumlah wilayah. Peningkatan ini paling tinggi di Tokopedia selama awal Ramadan 2023, dengan rata-rata peningkatan transaksi lebih dari 2x lipat,” kata Nuraini dalam jumpa pers, Senin (10/4/2023) di Jakarta.

Dia menyebutkan daerah yang mengalami peningkatan tertinggi adalah Banyuasin (Sumatra Selatan), Kampar (Kepulauan Riau) dan Lombok Timur (NTB). Di sisi lain, Kuningan (Jawa Barat), Palangkaraya (Kalimantan Tengah) dan Tabanan (Bali) tercatat sebagai beberapa wilayah dengan peningkatan transaksi menggunakan pengiriman same day dan instan paling tinggi di Tokopedia, dengan rata-rata peningkatan lebih dari 2x lipat.

Selain itu, Nuraini juga memaparkan, data menunjukkan 9 dari 10 masyarakat Indonesia berencana untuk berbelanja pada saat Ramadhan tahun ini. Sekitar 80% konsumen digital juga akan mempertahankan bahkan meningkatkan penggunaan layanan digital pada tahun 2023.

“Data internal Tokopedia menunjukkan bahwa Fesyen, Otomotif, Rumah Tangga, Perawatan Diri, serta Makanan dan Minuman menjadi sejumlah kategori yang paling laris selama dua minggu pertama puasa dibandingkan dwimingguan biasanya.Artinya, produk-produk inilah yang paling dibutuhkan masyarakat belakang ini,” ungkapnya.

Guna mengakomodasi tingginya animo belanja online masyarakat, khususnya selama Ramadhan tahun ini, Tokopedia menggelar #LengkapiRamadan hingga 30 April 2023. Berisi berbagai kampanye, seperti Bazar Brand Pilihan, Cantik Fest, Serbu Official Store dan Waktu Indonesia Belanja.

Selain itu, masyarakat bisa menemukan berbagai produk kebutuhan Ramadhan dengan diskon hingga 90%, live shopping mulai dari Rp2.000, belanja minimum Rp20.000 bisa bebas ongkir dan masih banyak lagi. Masyarakat juga bisa mendapatkan promo hemat hingga Rp750.000 serta cicilan 0% dengan pembayaran menggunakan GoPayLater Cicil.

“Melihat tingginya antusiasme masyarakat dalam berbelanja online lewat Tokopedia saat Ramadan, Tokopedia berupaya membantu pelaku usaha memanfaatkan momen ini dengan sebaik-baiknya, untuk menciptakan peluang tanpa hambatan (zero barriers) lewat berbagai inisiatif, salah satunya lewat inisiatif yang berpendekatan Hyperlocal,” pungkas Nuraini.

Khusus 14 April 2023, Tokopedia menghadirkan promo Ramadan Ekstra untuk berbagai produk kebutuhan Ramadhan dengan bebas ongkir, diskon hingga 90% serta cashback sampai Rp1 juta.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version