iflix Targetkan 25 Juta Pengguna Tahun Ini

Layanan video streaming terus meningkat di Indonesia. (Foto: Ilustrasi/istimewa)

youngster.id - Layanan video on demand iflix terus perkuat konten lokal dengan meluncurkan dua judul baru dan mengakuisisi film lokal berkualitas untuk menjadi konten ekslusif. Langkah ini ditujukan untuk mencapai penambahan pengguna baru hingga 20-25 juta sepanjang tahun ini.

“Kami targetkan akan pengguna iflix Indonesia tahun ini antara 20-25 juta pengguna. Bagi kami, konten lokal adalah driver utama, kami akan lanjut investasi ke sana,” kata Matthew Collier Country Manager iflix Indonesia dalam keterangannya, Jumat (25/5/2018) di Jakarta.

Menurut Matthew, hingga Mei 2018 iflix Indonesia telah menggaet 6,2 juta pengguna, sekitar 60%-70% di antaranya adalah pengguna aktif bulanan. Sekitar 60% pengguna adalah pengguna ritel, sedangkan sisanya adalah pelanggan bundling dari kerja sama iflix dengan tiga perusahaan telekomunikasi (Indihome, XL, dan Indosat Ooredoo).

Lokasi pengguna iflix mayoritas berada di Jabodetabek (50%), dan sisanya tersebar di lima kota besar di Indonesia. Bila dibandingkan di November 2017, pengguna iflix saat itu baru mencapai 2,5 juta pengguna, sedangkan di 2016 sebanyak 1 juta pengguna.

Untuk itu, Matthew mengatakan iflix berencana akan memproduksi dua judul serial pendek baru dan tahun depan ada lima judul yang diperuntukkan khusus untuk Indonesia. Konten original jadi arah iflix untuk merealisasikan target pengguna sebagai daya tarik, terlebih Indonesia kini menjadi pasar utama iflix.

Tak hanya itu, iflix akan terus menambah jumlah katalog konten premium gratis berisi film-film berkualitas. Saat ini konten eksklusif yang sudah ada, seperti Susah Sinyal, Posesif, Pengabdi Setan, Surat Cinta untuk Starla: The Movie, One Fine Day, Jailangkung, London Love Story 1 & 2, Promise, Headshot dan masih banyak lagi.

“Secara katalog konten lokal baru mencapai 10% dari total inventory kami, namun persentasenya mencapai 35% untuk segi durasi tonton. Banyak faktor penyebabnya, seperti halnya konten yang kami hadirkan itu relevan dan tidak spesifik untuk kalangan tertentu saja,” kata Matthew lagi.

Saat ini, iflix baru memiliki dua konten original yang sudah diproduksi iflix diantaranya adalah Oi! Jaga Lambe dan Magic Hour: The Series. Adapun untuk konten eksklusif, perusahaan bekerja sama dengan pihak rumah produksi dalam menghadirkan film box office.

Terhitung total katalog konten yang dimiliki iflix Indonesia mencapai 21 ribu jam. Total waktu yang dihabiskan pengguna dalam sebulannya mencapai 1,2 miliar menit dan 20 juta jam dalam satu bulannya. Sebanyak 83% pengguna iflix mengakses layanan lewat perangkat smartphone mereka.

Dari segi umur, mayoritas pengguna iflix Indonesia berusia 18-34 tahun (65%), usia 35 tahun ke atas (22%), dan sisanya berusia 18 tahun ke atas (13%). 60% pengguna adalah perempun dan sisanya laki-laki (40%).

STEVY WIDIA

Exit mobile version