youngster.id - Industri perhotelan adalah bagian dari ekosistem industri pariwisata di Indonesia. Seiring perkembangan teknologi, sudah sepatutnya industri perhotelan juga mengadopsi solusi digital dalam proses bisnis.
Mendukung kebutuhan tersebut, Indibiz Hotel dari Telkom Indonesia memberikan solusi digital untuk memperkuat fundamental bisnis perhotelan. Sekaligus meningkatkan standar layanan hotel dan kepuasan pelanggan.
Operational Supervisor Hotel Amaris Margorejo Surabaya Eko Puspito mengatakan, dukungan internet bisnis yang cepat dan stabil mutlak dibutuhkan untuk bisnis perhotelan. Jaringan internet, ini berdampak langsung pada kepuasan pelanggan terhadap hotel.
“Sebelumnya kami menggunakan provider internet lain, tapi kualitas jaringan dan layanannya kurang memuaskan. Akhirnya setelah kami memindahkannya ke Indibiz, jaringan internet bisnis di hotel kami jadi lebih stabil dan memenuhi kebutuhan hotel kami,” ungkap Eko dikutip Sabtu (27/7/2014).
Menurut Eko, dukungan high speed internet (HSI) atau internet cepat dan unlimited dari Indibiz juga membantu manajemen hotel Amaris Margorejo dalam berbagai layanan.
“Bukan hanya akses internet bisnis yang andal saja, Indibiz Perhotelan juga memberikan banyak solusi digital seperti smart security, e-parking, integrated property management system (PMS), CCTV AI analytics, asset management, marketing blast tool, aplikasi kasir digital, smart electricity, productivity tools and platform, payment service dan pengelolaan storage online, ” katanya.
Eko menilai, solusi digital dari Indibiz Hotel diharapkan mampu mendukung transformasi digital sektor perhotelan dan hospitality secara terintegrasi. Inovasi tersebut mampu meningkatkan produktivitas hingga 25%. Meningkatkan customer experience dan loyalitas pelanggan dengan pendekatan Artificial Intelligence (AI) hingga 10%.
Bahkan, inovasi digital yang Indibiz Hotel hadirkan mampu mengefisiensi energi dengan Internet of Thing (IoT) hingga 25%. Meningkatkan revenue dan peluang bisnis dengan pendekatan digital marketing hingga 15% dan mampu meningkatkan security dan safety dilingkungan hotel serta operasional bisnis jadi lebih efektif dan efisien.
“Dengan digitalisasi, usaha yang dijalankan bisa membuka kesempatan akses pasar yang lebih luas dan keputusan yang diambil jadi lebih tepat dan akurat, ” pungkasnya.
STEVY WIDIA