Indihome Tumbuh Positif Sepanjang 2022 Buka Kolaborasi Untuk Digitalisasi Nasional

Kampung Digital Laweyan by IndiHome

Peresmian Kampung Digital Laweyan by IndiHome di Surakarta. (Foto: istimewa)

youngster.id - Di tengah situasi pandemi yang terjadi sepanjang tahun 2022, IndiHome justru bisa terus bertumbuh positif dari semua sisi. IndiHome pun optimistis bisa melanjutkan tren positif pembangunan digitalisasi nasional yang lebih menyeluruh dan inklusif.

“Ekonomi digital sudah terbukti mengakselerasi pertumbuhan ekonomi. Karena itu kami sangat optimistis menyongsong tahun 2023 dan menjadi bagian dalam pengembangan ekosistem digital nasional. Kami sangat terbuka untuk berkolaborasi dengan masyarakat dan mitra potensial untuk memenuhi kebutuhan digitalisasi nasional,” kata E. Kurniawan Vice President Marketing Management PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk.

Kurniawan memaparkan, pertumbuhan Indihome yang pertama adalah dengan dari jumlah pelanggan baru IndiHome yang terus meningkat hingga akhir tahun 2022. “Artinya sepanjang tahun ini, tren konsumsi digital masyarakat tetap dalam tren meningkat,” ujarnya.

Secara spesifik, IndiHome mencatat konsumsi data masyarakat melalui IndiHome telah menembus 60 petabyte (60 juta gigabyte) dengan jumlah perangkat yang terhubung dalam jaringan IndiHome mencapai lebih dari 180 juta perangkat. Jumlah yang terkoneksi cukup besar mengingat jumlah pelanggan IndiHome hingga kuartal lll 2022 ada di kisaran 9 juta pelanggan.

“Besarnya pengguna ekosistem kami menandakan adanya kepercayaan besar terhadap layanan kami,” katanya.

Selanjutnya, yang menjadi salah satu fokus IndiHome adalah pemerataan akses internet yang menyeluruh. Karena itu pembangunan jaringan ke daerah menjadi salah satu fokus utama. Hingga penghujung tahun 2022, IndiHome telah menjangkau 499 dari 514 kota/kabupaten. Dengan ini penetrasi layanan IndiHome secara nasional telah mencapai 97%.

Alhasil, dari sisi produk, di tahun 2022 ini, IndiHome sebagai provider internet optik fiber dengan layanan televisi interaktif terbanyak hingga 214 ragam channel dari 14 mitra over the top (OTT) seperti Netflix, Disney Hotstar, hingga Vidio. Dengan banyaknya mitra OTT yang tergabung dalam ekosistem IndiHome, pelanggan dimudahkan dengan kustomisasi layanan sesuka hati dan kemudahan pembayaran cukup melalui 1 billing saja.

Pertumbuhan selanjutnya adalah pada peningkatan kecepatan internet nasional. Setelah mendongkrak kecepatan internet nasional menjadi 30 mbps per akhir tahun lalu, tahun ini IndiHome menargetkan peningkatan kecepatan internet nasional secara rata-rata mencapai 40 mbps. “Ada hampir 3 juta pelanggan yang kami naikkan kecepatan internetnya secara gratis,” kata Kurniawan.

Di saat terjadi penyesuaian tarif internet akibat kenaikan PPN 11% pada bulan April 2022 lalu, IndiHome justru memberi diskon tarif pasang baru. IndiHome juga rajin memberi promo untuk mendatangkan pelanggan baru.

Selain itu, hampir setiap pekan IndiHome berikan dukungan ke puluhan kegiatan multisektor seperti olah raga, e-sport, seni, literasi, pendidikan hingga kegiatan sosial yang tersebar di seluruh Indonesia. Dari cabang olahraga eSport IndiHome sukses melahirkan talenta berbakat yang siap membawa nama baik Indonesia di kancah internasional, terbukti dari beberapa event yang digelar perwakilan LEAD by IndiHome ikut serta dalam kejuaraan Asia Tenggara pada medio tahun 2022 lalu.

Dengan rentetan ekspansi produk, pelayanan, dan berbagai kegiatan yang didasari dengan perencanaan dan eksekusi terarah, IndiHome mendapat kepercayaan masyarakat yang amat besar. Tidak kurang 37 penghargaan, bertumbuh pesat dari 24 penghargaan pada tahun lalu, bergengsi dari instansi bonafit dalam dan luar negeri.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version