youngster.id - Potensi Indonesia dalam hal penjualan produk teknologi begitu besar. Terbukti pada gelaran acara Indocomtech 2019 hari ke-2 animo masyarakat belanja produk IT sangat tinggi.
Sebelumnya, menurut Riset GfK TEMAX Indonesia, sepanjang Januari-Juni 2018, penjualan barang konsumsi berteknologi (technical consumer goods) di Tanah Air mencapai Rp79,51 triliun yang terdiri dari 3 barang utama yakni barang telekomunikasi (ponsel) sebesar Rp25,71 triliun, barang-barang teknologi informasi (IT) Rp5,74 triliun, peralatan besar rumah tangga (major domestik appliances) Rp3,96 triliun. Atas raihan tersebut, Indonesia mengalami pertumbuhan sebesar 15,8% dibanding Rp68,67 triliun pada semester I-2018.
Tren positif ini menunjukkan bahwa animo masyarakat terhadap kebutuhan produk teknologi cukup tinggi.
“Kami akui bahwa penjualan di online memiliki harga yang bersaing. Namun dengan inovasi, kami turut mampu menghadirkan beragam produk teknologi bermutu tinggi dengan harga yang jauh lebih murah. Bagi kami ini adalah komitmen untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam memenuhi kebutuhan produk teknologi dengan harga bersahabat.” papar Hidayat Tjokrodjojo, Ketua Yayasan Apkomindo Indonesia kepada media, Kamis (31/10/2019) di di Hall A & B di JCC Senayan Jakarta.
Tahun ini adalah edisi ke-27 yang berlangsung dari 30 Oktober – 3 November 2019. Dengan mengusung tema “Never Stop Exploring”, tercatat ada sekitar 250 perusahaan teknologi baik lokal ataupun internasional ternama yang berpartisipasi seperti HP Indonesia, Asus Indonesia, Acer, MSI, Intel, Dell, Epson, Erafone, IBox, V-Gen dan Indodax sebagai platform jual beli aset digital terbesar di Indonesia.
Dalam gelaran 5 hari tersebut mereka memamerkan berbagai produk terknologi mutakhir untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia dalam 10 kategori berbeda, mulai dari accessories, audio camera, gaming, laptop & PC, TV, telco, smartphone, smarthome hingga wearable device.
Lebih dari itu, Indocomtech 2019 kali ini juga menjadi ajang pameran teknologi untuk keperluan bisnis yang menyuguhkan berbagai produk business software dengan teknologi mutakhir.
“Pameran Indocomtech bukan hanya pameran teknologi, namun pameran berbagi kebahagiaan. Hal itu dikarenakan setiap pengunjung yang hadir dapat pulang dengan tersenyum karena telah membeli produk IT berkualitas dengan harga yang murah. Inilah ciri khas dari Indocomtech yang harus kita pertahankan,” pungkas Irwin Day.
FAHRUL ANWAR
Discussion about this post