youngster.id - Perlu diketahui masalah sampah kerap terjadi pada penyelenggaran event. Sebagai contoh, pada malam tahun baru di Jakarta tersisa 45 ton sampah di kawasan Monas, dan 22 ton sampah di Bundaran HI. Sadar akan hal ini, mendorong PT Indofood Sukses Makmur Tbk (Indofood) berkolaborasi bersama Rekosistem mendorong implementasi inisiatif hijau di ajang IdeaFest 2025.
Head of Corporate Public Relations Indofood Stefanus Indrayana mengatakan, lewat kolaborasi ini, Indofood mendukung Rekosistem untuk mengelola seluruh sampah acara (event waste) selama pelaksanaan festival.
“Kami menyadari bahwa aspek keberlanjutan merupakan hal penting yang harus senantiasa kita bangun bersama. IdeaFest menjadi momentum baik untuk membangun sinergi dan kolaborasi yang positif,” katanya dikutip Sabtu (1/11/2025).
IdeaFest 2025 berlangsung 31 Oktober hingga 2 November 2025, bertempat di Jakarta International Convention Center (JICC) Jakarta.
Indrayana menjelaskan, pengumpulan sampah selama tiga hari pelaksanaan IdeaFest 2025 akan dilakukan dengan menyediakan 13 titik pengumpulan sampah (waste bin) yang tersebar di seluruh area acara, 1 area pembuangan sementara, dan dukungan petugas kebersihan yang dikoordinasikan bersama pihak pengelola venue festival.
Seluruh sampah terkumpul kemudian akan dibawa dan dikelola melalui Rekosistem Waste Hub, mulai dari pemilahan hingga penyaluran kepada para mitra daur ulang sesuai dengan jenis materialnya. Langkah ini untuk memastikan seluruh sampah acara IdeaFest 2025 dikelola secara bertanggung jawab.
“Kami berharap, lewat initiatif dan berbagai edukasi seputar pengelolalan sampah dan lingkungan selama IdeaFest 2025 ini kami bisa terus menginspirasikan kebaikan yang berkelanjutan bagi masyarakat dan lingkungan. Termasuk membangun langkah kecil untuk budaya mengelola sampah yang benar dan bertanggung jawab, utamanya bagi generasi muda Indonesia,” ucapnya.
Berkaca dari pelaksanaan IdeaFest di tahun tahun sebelumnya, diperkirakan total timbulan sampah acara yang akan dikelola selama festival berlangsung dapat mencapai 700kg lebih, dengan potensi pemberian edukasi tentang pentingnya praktik reduce, reuse, dan recycle kepada lebih dari 45.000 pengunjung.
“Kami berharap, lewat kolaborasi kreatif dan berbagai edukasi yang dikemas dengan seru dan relevan untuk para pengunjung, kami dapat ikut mendukung terwujudnya tema besar IdeaFest 2025, yakni untuk menginspirasikan terciptanya transformasi gaya hidup dan budaya baik untuk lingkungan kita bersama,” kata Indrayana lagi.
Untuk memastikan pengukuran dan pelaporan yang transparan, tim Rekosistem akan melakukan pendataan jumlah timbulan sampah yang terkumpul dan terkelola selama tiga hari pelaksanaan IdeaFest 2025 dalam sistem monitoring dan pelaporan dashboard digital yang terintegrasi.
Chief Executive Officer Rekosistem Ernest C. Layman sangat antusias berkolaborasi dengan Indofood. Menurut dia, kerja sama ini merupakan salah satu wujud nyata dari Indofood dalam memastikan pelaksanaan acara memiliki dampak seminim mungkin terhadap lingkungan dengan menerapkan praktik pengelolaan sampah yang bertanggung jawab.
“Semoga berbagai inisiatif yang kita lakukan selama IdeaFest 2025 ini dapat menginspirasi banyak pihak untuk semakin mempopulerkan dan mendorong masyarakat untuk lebih terbiasa mengelola sampah dengan bertanggung jawab dimulai dari pemilahan sampah yang efektif. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan persentase pemulihan sampah yang dapat dikelola secara bertanggung jawab, demi Indonesia yang lebih bersih,” ucapnya.
Pada IdeaFest 2025, Indofood hadir dengan membawa konsep Rumah Indofood “House of Flavour”, lengkap dengan beragam aktivitas seru. Mulai dari permainan “Kulak – Kulik” bersama Indomie, Pop Mie, Indomilk dan Chitato Lite, kompetisi digital berhadiah “Rumah Indofood Photo Hunt”, merchandise eksklusif Rumah Indofood, hingga keseruan Photo Polaroid di stan Rumah Indofood.
Indofood juga mengajak pengunjung festival untuk membangun pemahaman sekaligus menginspirasikan budaya daur ulang lewat beragam aktivitas seru bersama RekoChallenge dan Recycling Workshop di booth Indofood. Caranya mudah, setiap pengunjung dapat membawa minimal satu kemasan produk Indofood dan mendapat kesempatan mengikuti workshop upcycle untuk menghasilkan berbagai karya kreatif seperti pouch, iPad sleeve dan barang menarik lainnya dengan memanfaatkan kemasan produk-produk Indofood.
Head of Consumer Engagement Marketing IndofoodBagi Indofood Fierman Authar mengatakan, IdeaFest tidak hanya menjadi ajang untuk memperkenalkan produk, tetapi juga ruang interaktif untuk menumbuhkan nilai positif melalui inovasi, budaya, dan aksi nyata terhadap lingkungan.
“Indofood ingin menghadirkan pengalaman yang inspiratif bagi generasi muda untuk terus berinovasi dalam menciptakan karya tetapi juga dalam menumbuhkan nilai keberlanjutan dan kebersamaan melalui beragam kolaborasi,” katanya.
STEVY WIDIA

















Discussion about this post