Indonesia Bakal “Silicon Valley” Asia

Indonesia akan jadi tuan rumah Startup World Cup 2017.(Foto: Istimewa/Youngsters.id)

YOUNGSTER.id - Indonesia berpotensi menjadi tempat ekosistem startup terbesar di Asia layaknya Silicon Valley di Amerika Serikat. Potensi Indonesia sangat besar mengingat jumlah penduduk yang sangat besar dengan sejumlah kondisi yang mendukung.

“Saya tidak akan terkejut bila dalam 3-5 tahun mendatang Indonesia menjadi Silicon Valleynya Asia,” kata Anis Uzzaman CEO Fenox Ventura Capital, pada konferensi pers Startup World Cup Indonesia Selasa (23/8/2016) di Jakarta.

Silicon Valley adalah julukan untuk sebuah daerah di bagian selatan Teluk San Francisco di California Utara, Amerika Serikat, yang menjadi tempat berkumpulnya perusahaan-perusahaan terbesar dunia dan ribuan perusahaan startup.

Slain jumlah penduduk yang sangat besar, jumlah startup Indonesia pun, menurut Anis, telah tumbuh pesat. Sejumlah startup Indonesia juga mencatatkan kisah sukses dan dikenal luas seperti GoJek, Tokopedia, dan Traveloka.

Ia melihat saat ini, dorongan dan dukungan pemerintah Indonesia yang terus menerus tumbuh dan kembangnya startup dibutuhkan.

Contohnya, Indonesia langsung menyambut baik acara kompetisi para startup di dunia, Startup World Cup, dan menjadi salah satu negara dari 15 negara lainnya yang turut menyelenggarakannya.

“Bila pemerintah terus menyelenggarakan berbagai kompetisi seperti ini, hal ini akan menjadi pertumbuhan yang baik bagi startup,” katanya.

Selain itu upaya pembangunan infrastruktur untuk jaringan internet oleh pemerintah saat ini juga menjadi hal yang positif bagi perkembangan startup.

STEVY WIDIA