Indonesia Berkontribusi 8% Dari Total Unduhan E-commerce Global

e-commerce

Belanja online di e-commerce. (Foto: Ilustrasi/youngster.id)

youngster.id - Laporan AppsFlyer yang bertajuk State of eCommerce App Marketing 2021 itu menemukan, pemasangan aplikasi kategori belanja atau e-commerce meningkat signifikan sebanyak 70% selama Januari 2020 hingga Juli 2021. Menariknya, Indonesia menjadi pasar aplikasi e-commerce terbesar ketiga di dunia dengan total kontribusi 8% dari total unduhan e-commerce global.

State of eCommerce App Marketing 2021 menyebut, peringkat pertama diduduki Brasil, dengan 19% total install e-commerce. Pososi kedua ditempati India yang mencapai 17%, untuk pasar e-commerce di Android.

“Pertumbuhan konsumen yang membelanjakan uangnya melalui aplikasi mobile., terutama di masa liburan menempatkan Indonesia di posisi ketiga,” demikian siaran pers AppsFlyer, Jumat (15/10/2021).

Selain itu, periode liburan di Indonesia juga mendorong pembelian dalam aplikasi (in-app purchase) e-commerce. AppsFlyer mencatat, terdapat peningkatan pembelanjaan sebesar 116% secara keseluruhan di Indonesia pada Januari hingga Juli 2021.

Namun, lonjakan pembelanjaan tercatat terjadi pada masa Ramadan (Mei dan April 2021) dan juga pada periode Natal (Desember 2020), dengan penghasilan melonjak hingga 32%.

AppsFlyer mengungkapkan, pandemi telah mengubah perilaku masyarakat dan memaksa konsumen untuk mengadopsi cara berbelanja yang baru, sehingga marketer e-commerce juga harus ikut beradaptasi.

Menurut laporan itu, konsumen di Indonesia merespon kampanye iklan di masa liburan secara positif, dengan angka install non-organik terbesar terlihat di Mei 2020 (Ramadan) dan Desember 2020 (Natal dan Tahun Baru.

“Marketer Aplikasi e-commerce harus membidik peluang dari posisi Indonesia sebagai ekonomi aplikasi yang berkembang untuk berinvestasi secara besar pada kampanye iklan,” kata Luthfi Anshari Senior Customer Success Manager, APAC, AppsFlyer.

Menurut data AppsFlyer, konsumen di Indonesia menghabiskan uang lebih banyak pada periode liburan dan seiring dengan periode akhir tahun 2021 yang semakin dekat. Kampanye iklan menjadi krusial untuk para marketer agar mereka dapat mengikuti tren promosi hari belanja nasional seperti 10.10, 11.11, dan 12.12.

Sementara itu, Amerika Serikat, Brasil, dan Rusia, menjadi tiga besar untuk pasar e-commerce di platform iOS.

Untuk laporan ini, AppsFlyer menghimpun data dari 1,7 miliar instalasi aplikasi e-commerce di Asia Pasifik, dari 920 aplikasi dan sembilan miliar upaya remarketing pada Januari hingga Juli 2021.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version