Indonesia Jadi Bagian Penting Kampanye Keep Our Oceans Amazing

Keep Our Oceans Amazing

EduTalk Keep Our Oceans Amazing di Jakarta Aquarium & Safari (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Di Indonesia, laut mempunyai arti penting, karena dua per tiga wilayah Indonesia merupakan perairan yang menopang kehidupan lebih dari 60% penduduk. Selain itu, 7 dari 10 spesies laut yang menjadi target upaya konservasi dapat ditemukan di laut Indonesia.

Karena faktor  ini, Indonesia merupakan bagian penting dari inisiatif kampanye “Keep Our Oceans Amazing”, yang didukung oleh Yayasan Konservasi Alam Nusantara (YKAN), sebagai mitra utama The Nature Conservancy (TNC) di Indonesia.

“Keberlanjutan kehidupan di Planet Bumi sangat bergantung pada kesehatan laut. Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga kelestariannya. Laut menghasilkan setengah dari udara yang kita hirup, menyediakan mata pencaharian bagi miliaran orang, dan merupakan rumah bagi aneka ragam spesies,” kata Ratih Loekito, Direktur Pengembangan dan Pemasaran YKAN dalam keterangannya, Jumat (23/12/2022).

 Ratih menambahkan bahwa upaya pelestarian laut memerlukan kolaborasi semua pihak dan lewat bermacam medium, seperti kampanye “Keep Our Oceans Amazing” ini. Salah satu kegiatan dari rangkaian kampanye “Keep Our Oceans Amazing” di Indonesia, adalah EduTalk yang digelar di Jakarta Aquarium & Safari (JAQS) pada 17 Desember 2022. Acara tersebut menghadirkan Coral Reef Specialist dari YKAN, Rizya Ardiwijaya.

”Kelestarian ekosistem laut beserta spesies yang ada di dalamnya merupakan tanggung jawab kita bersama. Melakukan pengelolaan secara berkelanjutan adalah bentuk aksi nyata yang bisa kita lakukan,” terang Rizya.

Kampanye “Keep Our Oceans Amazing” bertujuan untuk melindungi 10 satwa laut dan habitatnya dari ancaman kepunahan, termasuk paus beluga, paus biru, hiu paus, penyu sisik, manatee, pari manta, ikan kakatua, karang staghorn, singa laut, dan mangrove, sebagai spesies penting pesisir yang merupakan habitat bagi banyak spesies. Setiap spesies hewan dan tumbuhan di atas juga diklasifikasikan sebagai rentan atau terancam punah berdasarkan IUCN.

Selain itu, kampanye ini juga bertujuan meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat tentang tantangan serta isu yang mengancam kelestarian laut dan satwanya pertama kali diluncurkan secara global pada pertengahan November 2022

Kampanye ini berbarengan dengan peluncuran film Avatar: The Way of Water, yang mulai tayang  di berbagai negara 14 Desember. Inisiatif “Keep Our Oceans Amazing” dicanangkan untuk mendukung program pelestarian laut yang dilakukan oleh mitra lembaga konservasi nirlaba internasional The Nature Conservancy (TNC), terutama dalam upaya melindungi 10 satwa laut dan habitatnya yang dianggap berisiko terancam punah, yang diselaraskan dengan keindahan Pandora, alam yang diciptakan dalam film Avatar: The Way of Water.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version