youngster.id - Health tourism, atau wisata medis mengalami perkembangan pesat dalam beberapa tahun terakhir. Diperkirakan sekitar 16 juta orang melakukan perjalanan medis setiap tahunnya. Diproyeksikan wisata medis bisa mencapai nilai US$93,9 miliar pada tahun 2030, berdasarkan laporan Market Research Future.
Potensi ini mendorong JCB International Co., Ltd. menjalin kerjasama dengan Noage International Inc untuk memperluas Program Wisata Medis Ekslusiff JCB bagi masyarakat Indonesia, khususnya segmen premium.
“Melalui kerja sama ini, kami ingin memposisikan JCB tidak hanya sebagai penyedia solusi pembayaran, tetapi juga sebagai penghubung antarnegara dalam layanan bernilai tambah, khususnya dalam sektor kesehatan dan wellness,” ucap Yo Sato, President Director PT JCB International Indonesia dalam jumpa pers Rabu (21/5/2025).
Menurut dia, Indonesia dipilih sebagai salah satu pasar kunci karena volume perjalanan yang tinggi ke Jepang dan meningkatnya kesadaran masyarakat akan layanan kesehatan preventif. Diperkirakan lebih dari 500 ribu wisatawan Indonesia mengunjungi Jepang setiap tahun.
Selain itu, kemitraan ini merupakan bagian dari tren global integrasi lintas sektor antara finansial, kesehatan, dan pariwisata. Yo Sato menyatakan, inisiatif ini juga sejalan dengan strategi mereka untuk meningkatkan traffic inbound ke Jepang dari pasar Asia Tenggara pascapandemi.
“Kami memanfaatkan peluang ini dengan menyediakan program istimewa yang memperkenalkan manfaat wisata medis Jepang kepada warga Indonesia,” ujar Yo Sato.
Dari sisi Noage International, kerja sama ini akan memperluas jangkauan pasar luar negeri, khususnya Asia Tenggara.
“Bagi kami, Indonesia adalah pasar strategis yang belum tergarap optimal. Kemitraan ini memungkinkan kami menguji model layanan internasional yang lebih personal dan terintegrasi,” ungkap Tetsuro Yoshihara, President & CEO Noage Internasional Inc.
Pada kesempatan yang sama, Noage International Inc (NI) menandatangani Nota Kesepahaman dengan PT Bank Danamon Indonesia Tbk untuk nasabah Danamon Privilege Banking pemegang kartu Danamon JCB Precious akan mendapatkan manfaat layanan istimewa Program Wisata Medis Eksklusif JCB. Bahkan para pelanggan dapat memilih layanan antara Tokyo Midtown Clinic (Roppongi) dan Nihonbashi Muromachi Mitsui Tower Midtown Clinic, yang berafiliasi dengan NI.
Menurut Tetsuro Yoshihara, NI akan memberikan dukungan dalam bahasa Inggris mulai dari konsultasi awal hingga masukan medis, sehingga pelanggan dapat menerima perawatan medis dengan tenang secara berkelanjutan.
“Selain itu, kami akan mendukung persiapan kunjungan ke Jepang yang berkaitan dengan wisata medis mulai dari pengaturan penerbangan, akomodasi, hingga transportasi melalui agen perjalanan mitra di Indonesia, dan menyediakan program keramahtamahan khusus untuk kunjungan ke Jepang, termasuk pengaturan individu untuk tamasya dan layanan istimewa JCB di Jepang,” ucapnya.
Sementara itu, Bank Danamon, sebagai mitra lokal yang mengelola nasabah kelas atas dan segmen affluent, melihat kerja sama ini sebagai langkah untuk memperluas portofolio layanan gaya hidup nasabah, sejalan dengan strategi bank dalam mengintegrasikan solusi keuangan dan non-keuangan.
“Kami melihat bahwa kolaborasi lintas industri seperti ini penting untuk mempertahankan loyalitas nasabah dan memperkuat posisi kami di segmen prioritas,” ujar Jin Yoshida, Global Alliance Strategy Director PT Bank Danamon Indonesia Tbk.
STEVY WIDIA
Discussion about this post