Selasa, 20 Mei 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

Industri Batu Mulia Perlu Ditingkatkan Ke Pasar Internasional

21 Juni 2016
in Headline, News
Reading Time: 2 mins read
Industri Batu Mulia Perlu Ditingkatkan Ke Pasar Internasional

Batu Mulia (Foto : Istimewa/Youngstes.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Industri batu mulia dan perhiasan asal Indonesia perlu dikembangkan berkembang agar mampu menembus pasar internasional.

“Kami tengah berupaya meningkatkan pengembangan industri batu mulia dan perhiasan asal Indonesia agar dapat diterima di pasar internasional,” kata Dirjen Industri Kecil dan Menengah (IKM) Kemenperin Euis Saedah lewat siaran pers, Senin (20/6/205) di Jakarta.

Menurut Euis, sektor yang berbasis IKM ini memiliki kemampuan dan potensi untuk lebih dikembangkan dan ditingkatkan produksinya, karena hampir semua provinsi di Indonesia terdapat sumber bahan batu mulia dan perhiasan yang memiliki ciri khas sesuai daerah masing-masing.

“Sehingga batu mulia dan perhiasan telah mengakar dalam budaya kita sejak dulu,” ujarnya.

Hingga 2013, IKM batu mulia dan perhiasan tercatat 40.774 unit usaha dengan menyerap tenaga kerja sebanyak 114.628 orang dan nilai ekspor mencapai 78,93 juta dollar AS.

Baca juga :   Lark, Perangkat Kolaborasi Untuk Dukung Produktivitas Karyawan

Di samping itu, batu mulia yang selalu dirangkai dengan perhiasan emas dan perak sangat erat kaitannya dengan kehidupan masyarakat di Indonesia baik dari kalangan bawah, menengah hingga atas.

Sementara itu, berdasarkan data Tahun 2015, jumlah perusahaan yang bergerak pada industri perhiasan mencapai 36.636 unit dan mampu menyerap tenaga kerja sebanyak 332.802 orang dengan nilai produksi sebesar Rp11,15 triliun.

Nilai ekspor perhiasan dan permata sebagai komoditi terbilang positif. Pada Maret 2015, nilai ekspor perhiasan dan permata mencapai US$ 538,4 atau meningkat sebesar 24,15 % dibandingkanFebruari 2015.

Untuk itu Kementerian Perindustrian meminta agar lembaga sertifikasi yang terstandar internasional, sehingga dapat menerbitkan sertifikat logam dan batu mulia Indonesia yang diakui oleh dunia internasional.

Baca juga :   Mari Sambut 157 Emoji Baru di Android dan iOS

Direktur Industri Kecil Menengah (IKM) Kimia, Sandang, Aneka dan Kerajinan Kementerian Perindustrian Gati Wibawaningsih mengatakan hal itu akan menjadi terobosan untuk pengembangan produksi dan peningkatan daya saingnya.

“Kami juga membuat kajian mendalam tentang potensi perhiasan batu mulia Indonesia sehingga masyarakat dunia dapat lebih mengenal dan memahami batu mulia dan perhiasan asal Indonesia,” ujar Gati melalui siaran pers di Jakarta, Senin.

Selain itu, lanjutnya, dilakukan peningkatan promosi bagi hasil industri kerajinan perhiasan dan batu mulia, agar dapat menjangkau masyarakat luas.

Selanjutnya, Kemenperin juga memberikan pelatihan dalam rangka peningkatan kemampuan sumber daya manusia (SDM), baik di bidang desain, pemotongan batu mulia dan perhiasan, serta penerapan teknologi terkini.

Ditambahkan Gati, Kemenperin juga memberikan berbagai macam insentif guna menumbuhkan industri batu mulia dan perhiasan, antara lain dengan memberikan bantuan mesin dan peralatan pada sentra-sentra batu mulia dan perhiasan.

Baca juga :   PJI Dorong Tumbuhnya UMKM Muda Berkonsep Perusahaan Siswa

“Kami berharap agar berbagai program-program pemerintah tersebut dapat didukung secara sinergis oleh seluruh komponen bangsa, melalui berbagai kegiatan kreatif dan produktif sehingga dapat menghasilkan hasil yang positif,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Umum Asosiasi Batu Mulia Indonesia (ABAMI) Indra Fahrizal mengatakan, hadirnya ABAMI bertujuan untuk menaungi semua pemangku kepentingan di bidang batu mulia seperti pengrajin batu, pedagang, penambang, pecinta dan penghobi.

“Abami didirikan juga untuk meningkatkan dan melindunggi produk dari batu mulia. Selain itu diharapkan batu mulia ini juga bisa terus menjadi produk andalan Indonesia mengingat potensi dan kualitas batu mulia kita tidak kalah baik dengan negara luar,” paparnya.

STEVY WIDIA

Tags: batu muliaindustri kecil menengahperhiasanpermata
Previous Post

Indonesia Harus Mampu Bersaing Secara Global Di Era Digital

Next Post

Indocement cetak 1.000 ahli bangunan bersertifikat LPJKPT

Related Posts

Hartadinata Luncurkan Koleksi Perhiasan dan Logam Mulia
News

Hartadinata Luncurkan Koleksi Perhiasan dan Logam Mulia

10 Maret 2020
0
Perguruan Tinggi Perlu Perkuat Industri Kecil
News

Industri Kecil Masih Terpusat Di Pulau Jawa

21 Maret 2016
0
Load More
Next Post
FindTukang, Aplikasi untuk Mencari Penyedia Jasa Pertukangan

Indocement cetak 1.000 ahli bangunan bersertifikat LPJKPT

SD Pajajaran Bandung Juara Green School

SD Pajajaran Bandung Juara Green School

Peneliti Indonesia Kembangkan Cangkok Tulang Sintetis

Peneliti Indonesia Kembangkan Cangkok Tulang Sintetis

Discussion about this post

Recent Updates

Lalamove

Tawarkan Solusi Pengiriman Instan untuk UKM, Lalamove Masuk Pasar UEA

19 Mei 2025
OYO

Perluas Jaringan Distribusi Pemesanan Properti, OYO Luncurkan SuperAgent

19 Mei 2025
Dharma Polimetal

Bidik After Market di Industri Otomotif, Dharma Polimetal Rilis Produk Aki Cadangan

19 Mei 2025
OVO Nabung

Targetkan Gen Z Jadi Nasabah, OVO Berkolaborasi dengan Superbank Hadirkan OVO Nabung

19 Mei 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Johannes Ardiant : Bisnis Makanan Sehat Untuk Bahagiakan Banyak Orang

Johannes Ardiant : Bisnis Makanan Sehat Untuk Bahagiakan Banyak Orang

21 Maret 2019
Sylvia Surya

Sylvia Surya : Sukses “Mengembangbiakan” Kedai Kopi Melalui Cara Waralaba

14 April 2022
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Princeton Digital Group (PDG)

PDG Peroleh Pendanaan Hijau Rp1,7 Triliun dari Bank DBS & UOB Indonesia

13 Maret 2025
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Lalamove

Tawarkan Solusi Pengiriman Instan untuk UKM, Lalamove Masuk Pasar UEA

19 Mei 2025
OYO

Perluas Jaringan Distribusi Pemesanan Properti, OYO Luncurkan SuperAgent

19 Mei 2025
Dharma Polimetal

Bidik After Market di Industri Otomotif, Dharma Polimetal Rilis Produk Aki Cadangan

19 Mei 2025
OVO Nabung

Targetkan Gen Z Jadi Nasabah, OVO Berkolaborasi dengan Superbank Hadirkan OVO Nabung

19 Mei 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version