ITS Ingin Juarai Kontes Robot Indonesia

Tim Robotika ITS sedang menguji coba Robot Kategori Robot ABU Indonesia (KRAI), di kampus ITS, Jumat 13 Mei 2016. (foto : ITS)

youngster.id - Ajang Kontes Robot Indonesia (KRI) tingkat Nasional akan digelar di Ballroom Pakuwon Trade Centere (PTC), Surabaya, mulai 1 hingga 4 Juni 2016 mendatang. Tim Robotika dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Jawa Timur, menarget meraih juara dalam lomba bergengsi tersebut.

Ketua Tim Robot ITS, Rudy Daikarono, mengatakan sudah siap dalam kontes robot tersebut. Menurut dia, Tim Robotika asal ITS sudah berpengalaman ikut kontes robot. Misalnya, ITS pernah adu kontes robot dengan robot dari Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS).

“Waktu itu, serangkaian pencapaian robot kami sangat mengagumkan, catatan waktu sejak dari penyisihan hingga semifinal jauh lebih unggul, di kisaran waktu 30 detik. Saat ini, lawan terberat ITS dari tim robot ITB,” kata Rudy, dalam keterangan persnya, Jumat (13/5/2016).

Ada lima kategori yang dilombakan. Satu diantaranya adalah kategori Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI), adalah cabang yang paling begengsi.

“Gambarannya, nanti di tengah arena ada dua robot dalam satu tim, misalnya robot. Kedua robot ini nanti akan diminta bersinergi untuk memasang baling-baling pada puncak sebuah menara. Robot bertugas membawa baling-baling dari garis start sampai tower,” kata Rudy.

Saat ini, tim ITS terus memperbaiki performance robot yang akan dilombakannya, sekaligus menganalisa kesalahan saat final di Regional IV beberapa waktu lalu. “Dengan menganalisa, kami berharap kekurangan di tempo hari bisa ditemukan, dan saat pertandingan di tingkat Nasional semuanya bisa teratasi,” katanya.

Rudy optimis bisa menang dan merebut kategori bergengsi ini. Sebab, kata dia, robot dari ITS sudah pernah dilatih di arena satu banding satu, kecepatan untuk bisa menyelesaikan tugas untuk membawa baling-baling dari garis start sampai puncak menara, sudah melebihi waktu saat bertanding di Regional IV. Ajang KRI tingkat nasional ini bertema “Clean Energy Recharging The World”.

 

MARCIA AUDITA

Editor : Stevy Widia

Exit mobile version