Inilah Aplikasi dan Game Terbaik di Google Play Tahun 2022

Google Play. (Foto: Ilustrasi/istimewa)

youngster.id - Setiap tahun Google memberikan penghargaan kepada aplikasi dan game terbaik di Google Play serta para developer yang menghadirkannya di berbagai jenis perangkat.

Tahun ini, Google memperkenalkan kategori penghargaan game baru, yaitu Terbaik Buatan Indonesia, sebagai apresiasi terhadap makin pentingnya peranan dan kontribusi industri game lokal di Indonesia. Kategori penghargaan ini adalah salah satu dari sejumlah penghargaan di industri game yang khusus menyoroti game-game buatan Indonesia.

Kunal Soni, Director, Google Play, untuk Asia Tenggara dan Australia mengatakan, Android dan Google Play berkomitmen untuk memberi kesempatan kepada developer dan pengguna untuk membuat dan menggunakan aplikasi yang menarik dan berkualitas di mana pun mereka berada.

Google Play merupakan rumah bagi 10,000 lebih developer di Indonesia yang telah menemukan inspirasi dan membangun bisnis yang berkembang pesat. Selain itu, lebih dari 150 juta orang Indonesia mengunjungi Google Play setiap bulannya untuk menemukan berbagai aplikasi dan game menarik yang menghubungkan mereka dengan dunia.

“Google Play memungkinkan developer baik besar maupun kecil dari seluruh Indonesia untuk berkembang di platform kami. Kami melihat sudah ada banyak developer Indonesia yang  sukses di pasar global yang sangat kompetitif. Kami pun tetap berkomitmen untuk mendukung developer yang terus membangun bisnis, game, dan aplikasi yang dapat menghubungkan lebih dari 2,5 miliar orang di seluruh dunia,” ucap Kunal, Kamis (1/12/2022).

Menurut Kunal, tahun 2022 bagi Indonesia adalah tahun untuk belajar dan mempersiapkan diri menyongsong masa depan. Melalui aplikasi seperti KitaLulus, pengguna dapat mengakses berbagai peluang kerja melalui pendidikan dan pembangunan komunitas; aplikasi Grammarian mendorong literasi bahasa Inggris yang lebih baik melalui edutainment yang menyenangkan; dan aplikasi Bicarakan.id menghubungkan orang-orang yang membutuhkan bantuan ahli kesehatan mental.

Game dan aplikasi pemenang penghargaan tahun 2022 ini mencerminkan hal-hal yang paling penting bagi orang-orang saat ini — mulai dari game yang membantu mengembangkan komunitas dan kreativitas serta memasuki dunia yang benar-benar baru, hingga aplikasi yang membantu kita untuk menjaga kesehatan mental dan tetap fokus.

Berikut ini deretan pemenang penghargaan game dan aplikasi terbaik versi Google Play tahun 2022.

Pemenang Aplikasi Terbaik diberikan kepada KitaLulus: Loker Pejuang Kerja dengan lebih dari 1 juta unduhan.

Pemenang Aplikasi Dampak Positif Terbaik diberikan kepada Bicarakan.id – Konseling Psikologi & Mental health yang sudah diunduh lebih dari 10 juta kali di Google Play.

 

Aplikasi Terbaik Google Play 2022

 

Pemenang Aplikasi Harian Terbaik diberikan kepada Virgo, sebuah aplikasi e-money yang salah satu fungsinya adalah untuk mengumpulkan kembalian receh yang didapat setelah berbelanja di merchant seperti Alfamart.

Untuk kategori Aplikasi Hiburan Terbaik pemenangnya adalah Kakao Webtoon dengan lebih dari 1 juta unduhan dan 24,2 ribu ulasan. Kategori Aplikasi Unik Terbaik diberikan kepada Debaede, yang merupakan aplikasi ulasan jujur produk-produk skincare dan perawatan lainnya.

Sementara untuk kategori Aplikasi Pengembangan Diri Terbaik dimenangkan oleh FluenDay – Learn English Enpal. Kategori Terbaik untuk Wear OS dimenangkan oleh Todoist: to-do list & planner. Aplikasi Terbaik untuk Tablet pemenangnya adalah Pocket: Save. Read. Grow. Untuk Aplikasi Pilihan Pengguna diberikan kepada Kakao Webtoon.

 

 

Sedangkan untukKategori Game Buatan Indonesia Terbaik jatuh kepada Grammarian Ltd – Gammar Game yang merupakan game edukasi miliki Aglorocks.

Kategori Game Terbaik diberikan kepada Apex Legends Mobile yang sudah mendapat 712 ribu bintang dalam ulasan Play Store. Untuk kategori Game Multiplayer Terbaik dimenangkan Dislyte, kategori Game Kasual Terbaik dimenangkan oleh Angry Birds Journey, dan Game Terbaik yang Terus Diupdate jatuh kepada Genshin Impact.

Angry Birds Journey juga mendapatkan penghargaan di kategori Game Terbaik untuk Tablet, sementara untuk game Indie Terbaik jatuh kepada One Hand Clapping. Untuk kategori Game dengan Cerita Terbaik diberikan kepada Diablo Immortal. (*AMBS)

 

Exit mobile version