Senin, 29 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home News

Inilah Strategi XL di Tahun 2017

7 Februari 2017
in News
Reading Time: 3 mins read
Internet Cepat Dorong Produktifitas Ekonomi Di Sulawesi

Lanjutkan Agenda Transformasi 3R XL Axiata Tingkatkan Eksekusi Bisnis di 2017 (Foto: XL Axiata/Youngsters.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Strategi transformasi bisnis 3R (Revamp, Rise Up, Reinvent) yang dijalankan PT XL Axiata Tbk diklaim telah mampu mendorong pencapaian kinerja perusahaan yang cukup positif di sepanjang tahun 2016. Oleh karena itu, pada 2017 ini XL Axiata akan lebih meningkatkan eksekusi atas agenda transformasi bisnis yang telah dimulai sejak tahun lalu tersebut.

Menurut Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini, ada tiga hal yang menjadi titik berat. Yaitu menyediakan jaringan Data yang lebih kuat, segmentasi pasar yang terfokus, serta menawarkan layanan Data yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

“Kami telah menyusun sejumlah rencana strategis untuk bisnis di 2017. Secara umum, kami akan terus berfokus pada penyediaan layanan Data yang berkualitas. Untuk itu, dari sisi jaringan, kami akan secara agresif melanjutkan perluasan jaringan internet cepat, baik dengan 3G, maupun 4G dan juga 4,5G, ke wilayah yang lebih luas hingga ke daerah pelosok di luar Jawa. Dengan begitu, pada 2017 ini nanti akan semakin banyak wilayah di Indonesia yang terlayani dengan internet cepat dari XL Axiata,” jelas Dian.

Disebutkan Dian, pihaknya menganggarkan lebih dari 80% dari capex yang sebesar Rp 7 triliun untuk memperkuat kualitas jaringan ini.

“Jika regulasi mengenai Network Sharing bisa dijalankan, maka langkah dalam penyediaan layanan Data ini kami akan bisa lebih agresif lagi,” tegasnya.

Baca juga :   Bangun Bisnis Baru Lewat Media Sosial Ini

Menurut Dian, tantangan XL Axiata di tahun 2017 masih cukup terjal. Namun, manajemen XL Axiata yakin sepenuhnya akan bisa melaluinya dan mencapai target-target yang telah dicanangkan. “Dengan strategi bisnis yang telah dicanangkan untuk menghadapi tantangan di 2017, XL Axiata membidik pertumbuhan yang selaras dengan pertumbuhan industry,” katanya.

Tahun lalu, XL Axiata mencatat laba sebesar Rp 376 miliar, dibandingkan dengan rugi sebesar Rp 25 miliar di 2015. Laba tersebut diperoleh dari dampak positif atas penguatan Rupiah terhadap USD, serta hasil dari penjualan menara.

Optimisme untuk meraih kinerja yang meningkat tahun ini juga didukung oleh kesuksesan XL Axiata dalam merealisasikan dua tujuan agenda pengelolaan neraca keuangan (Balance Sheet Management) yaitu mengurangi beban hutang dan meminimalkan dampak dari fluktuasi Forex. Sehubungan dengan itu, di tahun lalu XL Axiata juga telah menuntaskan agenda Rights Issue serta penjualan dan penyewaan kembali menara tahap kedua 2016, yang berdampak positif pada meningkatnya fundamental keuangan perusahaan pada level yang sama dengan sebelum mengakuisisi Axis awal tahun 2014.

“Hal ini telah menjadikan neraca keuangan XL Axiata lebih kokoh dan fleksibel, sehingga perusahaan bisa lebih fokus untuk melakukan pembangunan dan peningkatan jaringan,” klaim Dian.

Baca juga :   AXIS Pop-Up Station Fasilitasi Anak Muda Berkarya dan Kembangkan Potensi Diri

Dijelaskan Dian, untuk tahun 2017 ke depan, pada sisi segmentasi, XL Axiata akan menyasar segmen pasar yang berbeda. Untuk itu, akan dibangun model bisnis berbasis layanan Data dengan memanfaatkan brand XL dan AXIS. Brand XL akan lebih menyasar segmen pekerja white collar hingga blue collar dan ibu rumah tangga. Pada layanan pascabayar, XL PRIORITAS dengan segmen premium yang lebih mengutamakan kualitas layanan tinggi dan tidak resisten dengan harga. Sementara itu, produk AXIS ditempatkan untuk menyasar segmen anak muda.

Hingga akhir 2016 lalu, XL Axiata berhasil meningkatkan jumlah pelanggan menjadi 46,5 juta. Bisa disimpulkan, segmentasi yang kuat dan terarah telah mampu meningkatkan jumlah pelanggan. “Oleh karena itu, XL Axiata akan lebih meningkatkan lagi jumlah pelanggan di tahun 2017 ini,” ucapnya.

Pada sisi produk layanan, XL Axiata akan menghadirkan berbagai layanan Data yang disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan. Selain itu, menyesuaikan dengan tren konsep komunikasi yang sangat dinamis dalam mengeksplorasi kecanggihan teknologi digital. Konten-konten video diperkirakan akan terus berkembang.

XL Axiata juga akan terus memperkuat layanan bagi pelanggan korporasi dan terutama kalangan usaha kecil menengah (UKM). XL Axiata akan menempatkan diri sebagai enabler bagi ekonomi digital yang dijalankan masyarakat. Hal ini sudah mulai dilaksanakan tahun 2016 lalu dengan meluncurkan Paket Sukses, yang menggabungkan layanan voice dan SMS unlimited untuk pengusaha dengan para karyawan, internet di 2G/3G/4G, dan mifi mobile broadband “XL Home” dengan harga terjangkau.

Baca juga :   XL Axiata 25th Siap Wujudkan Transformasi Digital Di Indonesia

Selain itu, XL Axiata juga akan terus mencari peluang baru dengan menyediakan ekosistem layanan Data bagi kalangan masyarakat yang selama ini relatif belum terjangkau layanan telekomunikasi dan internet secara massif. Mereka antara lain kalangan petani, nelayan, dan masyarakat pelaku bisnis kecil di pedesaan.

Selain berharap dari perluasan jaringan Data yang sedang dilakukan, XL Axiata juga akan berusaha mencari terobosan untuk bisa menyediakan jaringan Data yang mumpuni di wilayah belum terjangkau jaringan XL. Misalnya melalui jaringan satelit, dengan menggandeng mitra di bidang tersebut. Sebagai pilot project, XL Axiata sudah menjalankan hal ini di pedalaman Kabupaten Karangananyar, Jawa Tengah dalam mengimplementasikan aplikasi digital untuk petani.

Solusi layanan Data digital juga akan terus dikembangkan untuk merespon kebutuhan kalangan industri secara umum yang ingin bertransformasi menyesuaikan diri dengan era digital. Antara lain, membantu kalangan industri kreatif dalam usaha mereka memanfaatkan teknologi digital untuk menjangkau pasar yang lebih luas dan potensial. XL Axiata membantu mereka meningkatkan kualitas keterhubungan dengan antara produsen atau pencipta produk kreatif dengan para pelanggan atau penggemarnya.

 

STEVY WIDIA

Tags: PT XL AxiataReinvent)Rise UpStrategi transformasi bisnis 3R (Revamp
Previous Post

AIA Championship2017: Juara Indonesia Siap Berlaga Di Hong Kong

Next Post

Dukung Pendidikan, Datascrip Gelar Aksi Sosial di Binjai

Related Posts

XL Axiata
News

XL Axiata 25th Siap Wujudkan Transformasi Digital Di Indonesia

9 Oktober 2021
0
Lebaran Tanpa Mudik Trafik Data XL Axiata Naik 35%
News

NTT Implementasikan Infrastruktur TI Berbasis Private Cloud Di Indonesia

24 Mei 2021
0
Program Inkubasi Sispreneur 2020 : Dukung Perempuan Pelaku Usaha Mikro
Headline

Program Inkubasi Sispreneur 2020 : Dukung Perempuan Pelaku Usaha Mikro

12 Agustus 2020
0
Load More
Next Post
Dukung Pendidikan, Datascrip Gelar Aksi Sosial di Binjai

Dukung Pendidikan, Datascrip Gelar Aksi Sosial di Binjai

Sleekr, Platform Bisnis Untuk Startup dan UKM

Sleekr, Platform Bisnis Untuk Startup dan UKM

Produk UKM Indonesia Siap Dipamerkan di New York Now 2017

Indonesia Berbagi Pengalaman UMKM di Forum APEC

Discussion about this post

Recent Updates

influencer kecantikan

Digital Marketing & Influencer Dorong Pertumbuhan Klinik Kecantikan

29 September 2025
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
influencer kecantikan

Digital Marketing & Influencer Dorong Pertumbuhan Klinik Kecantikan

29 September 2025
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version