Kamis, 2 Februari 2023
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
  • Digital Community
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
  • Digital Community
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result

Inisiatif Hyperlocal Tokopedia Dukung UMKM Lokal Jadi Pahlawan Ekonomi Digital

10 November 2022
in News
Reading Time: 2 mins read
Tokopedia

Mau Memulai Usaha Rumahan dengan Modal Kecil? Ini Tipsnya (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Menyambut Hari Pahlawan 10 November 2022, Tokopedia melalui inisiatif Hyperlocal berupaya membantu sekitar 12 juta pegiat usaha di Indonesia, yang hampir 100%nya UMKM lokal, menjadi pahlawan ekonomi.

Hyperlocal merupakan inisiatif Tokopedia untuk mendekatkan penjual dengan pembeli di mana pun mereka berada, agar UMKM di seluruh penjuru Indonesia punya kesempatan yang sama untuk bertumbuh dan berkembang (tanpa harus pindah ke kota besar), dan pembeli bisa mendapatkan produk kebutuhan yang lebih beragam dengan lebih cepat dan efisien.

“Inisiatif Hyperlocal memiliki berbagai contoh manifestasi, seperti layanan pemenuhan pesanan (fulfillment) Dilayani Tokopedia, Kumpulan Toko Pilihan (KTP), Kampanye PASTI (Paket Sehari Tiba), dan masih banyak lagi yang dapat dimanfaatkan oleh para pegiat lokal,” kata Rizky Juanita Azuz Kepala Divisi Hubungan Masyarakat (Regional) Tokopedia dalam keterangan pers, Kamis (10/11/2022).

Baca juga :   Tokopedia Gencarkan Digitalisasi Pasar Tradisional di Berbagai Daerah

Inisiatif Hyperlocal Tokopedia juga telah mendukung tumbuh kembang UMKM lokal. Terbukti dari jumlah penjual yang memanfaatkan layanan Dilayani Tokopedia naik lebih dari 1,5x lipat selama kuartal III 2022 dibanding kuartal III 2021. Peningkatan ini juga mendorong jumlah pembeli yang bertransaksi dengan penjual yang menggunakan layanan Dilayani Tokopedia naik lebih dari 2x lipat.

“Selain di Dilayani Tokopedia, kami juga melihat jumlah transaksi dan penjual yang mengikuti kampanye PASTI dan KTP masing-masing melonjak lebih dari 1,5x lipat,” ungkap Nafisah Wulandari Head of Regional Growth Expansion (RGX) Central Tokopedia.

“Di sisi lain, kecamatan dengan pertumbuhan transaksi tertinggi melalui Tokopedia selama kuartal III 2022 dibanding kuartal III 2021, antara lain Kutowinangun di Jawa Tengah, Eremerasa, Sanrobone, Arungkeke di Sulawesi Selatan dan Indrapuri di D.I Aceh,” tambah Nafisah.

Baca juga :   Indocomtech 2019 Hadirkan Tren Teknologi Sambut Industri 4.0

Contoh UMKM di Tokopedia yang memberdayakan masyarakat sekitar diantaranya Tea Heaven dari Sukabumi, Bakso Damas dari Malang dan Madu Bantal dari Banjarbaru.

“Kami memberdayakan ratusan petani teh di lebih dari 20 perkebunan di seluruh Indonesia, di antaranya Bantul, Garut, Ciwidey, Padang, Bali dan masih banyak lagi,” ungkap Devina Amelia pemilik Tea Heaven. Menurut dia, sejak bergabung di Tokopedia, Tea Heaven berinovasi termasuk menambah variasi produk. Kini, Tea Heaven telah memiliki 100 varian teh di Tokopedia.

Sementara Angga Setyawan pemilik Bakso Damas mengatakan usaha yang diwarisi dari keluarga sempat menurun hingga 60% pada awal pandemi. “Namun kondisi tersebut justru bukan penghalang. Berkat Tokopedia, omzet online kami bisa tetap naik dan berhasil mempertahankan sekitar 30 karyawan kami yang kebanyakan adalah tulang punggung keluarga,” kata Angga.

Baca juga :   Tokopedia Sokong Kreator Lokal di Program Ramadan Ekstra

Sedangkan Chairul Mufti Pemilik Madu Bantal mengatakan, telah memberdayakan 5 kepala keluarga sekaligus peternak lokal madu. Ia juga berkolaborasi dengan sejumlah perajin purun khas Kalimantan Selatan untuk membuat kemasan madu. “Kini 70% omzet Madu Bantal berasal dari penjualan di Tokopedia, dengan rata-rata penjualan per bulan mencapai puluhan juta rupiah,” ujar Chairul.

 

STEVY WIDIA

Tags: HyperlocalTokopediaUMKM Lokal
Previous Post

HUB.ID Accelerator Akan Berlanjut, Siap Dukung Startup Lokal Berdaya Tahan Kuat

Next Post

Jumlah Startup Unicorn di Dunia Turun Drastis

Related Posts

Literasi Digital
News

Indeks Literasi Digital Indonesia Tahun 2022 Meningkat Jadi 3,54

2 Februari 2023
0
petani rumput laut
News

Kolaborasi FedEx dan YKAN Berdayakan Petani Rumput Laut Wakatobi Melalui eCommerce

2 Februari 2023
0
Goethe-Institut x Kemenkes
News

Goethe-Institut dan KemenKes Jalin Kerja Sama Pengintegrasian Bahasa Jerman

2 Februari 2023
0
Load More
Next Post
keterampilan digital

Jumlah Startup Unicorn di Dunia Turun Drastis

Lazada

Ajak Generasi Muda Cintai Produk Lokal Lazada Hadirkan Kolaborasi 10 Brand dan 10 KOL

Greatedu

Indonesia Tetap Menarik Untuk Investasi Teknologi

Discussion about this post

Berita Terbaru

edDoorz Regional VP Marketing Henry Manampiring

RedDoorz Buktikan Bisa Resiliensi Dengan BEP di Masa Pandemi

2 Februari 2023
0
Literasi Digital

Indeks Literasi Digital Indonesia Tahun 2022 Meningkat Jadi 3,54

2 Februari 2023
0
petani rumput laut

Kolaborasi FedEx dan YKAN Berdayakan Petani Rumput Laut Wakatobi Melalui eCommerce

2 Februari 2023
0
Peris.ai

Raih Dana Segar Startup Cybersecurity Peris.ai Akan Bina Komunitas Peretas Etis

2 Februari 2023
0
Yakes Telkom x Primaya

Terus Perluas Layanan Kesehatan, Yakes Telkom Jalin Sinergi Dengan Rumah Sakit Primaya Group

2 Februari 2023
0
Goethe-Institut x Kemenkes

Goethe-Institut dan KemenKes Jalin Kerja Sama Pengintegrasian Bahasa Jerman

2 Februari 2023
0
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
Copyright © 2016 - 2023 PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
  • Digital Community

Copyright © 2016 - 2023 PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

Add youngster.id to your Homescreen!

Add
Go to mobile version