Instagram Bakal Fokus ke Video, Shopping dan Messaging

Instagram Reels

Konten video di Instagram Reels. (Foto: istimewa)

youngster.id - Instagram akan fokus mengembangkan fitur yang fokus pada video. Rupanya hal ini mengacu pada tren pengguna media sosial yang menggandrungi konten hiburan dan video untuk terhibur.

Head of Instagram, Adam Mosseri melalui unggahan di Twitter mengungkapkan, saat ini Instagram sedang fokus mengembangkan fitur baru di empat kategori utama, yakni kreator, video, shopping, dan messaging. Khusus untuk video, Adam mengatakan saat ini Instagram memang lebih fokus untuk mengembangkan fitur di kategori tersebut.

“Kami bukan lagi aplikasi berbagai foto atau aplikasi berbagi foto dalam format kotak,” tutur Adam dalam video unggahannya di Instagram baru-baru ini.

Pernyataan tersebut bukannya tanpa alasan, Adam menuturkan berdasarkan riset, alasan utama pengguna memakai Instagram adalah untuk terhibur. Oleh sebab itu, Instagram berupaya mengikuti tren tersebut, yang dalam hal ini adalah konten hiburan dan video.

“Jujur saja, saat ini ada persaingan yang sangat serius. TikTok sangat besar, YouTube lebih besar, dan ada banyak pemula lainnya,” ujar Adam. Untuk itu dia menegaskan, agar bisa berkompetisi Instagram perlu berubah.

Lebih lanjut Adam mengatakan perubahan itu akan dilakukan dalam beberapa bulan ke depan. Salah satunya adalah merekomendasikan hal baru di Feed pengguna, sekaligus menambahkan kategori topik yang mungkin ingin dilihat pengguna.

Selain itu, Instagram akan bereksperimen untuk menghadirkan pengalaman video yang lebih full screen, imersif, menghibur, mobile-first. Kalian akan melihat kami melakukan sejumlah percobaan dalam beberapa bulan ke depan,” tutur melanjutkan.

Dalam beberapa tahun terakhir, Instagram memang mulai mendorong konten video di platformnya. Hal itu dimulai dengan menghadirkan fitur Stories, lalu muncul IGTV, dan yang terbaru kini adalah Reels. Fitur mirip TikTok ini memungkinkan pengguna untuk berbagi video pendek dengan memanfaatkan kreativitasnya.

Country Director Facebook Indonesia, Pieter Lydian sebelumnya telah mengajak pengguna Instagram untuk membuat konten Reels dan menggunakan hashtag #TampildiReels sebagai kampanye kreatif dari pengguna di Indonesia.

“[Ini] awal dari perjalanan kami, kami juga mengajak pengguna ikut pakai hashtag #tampildireels dan berkreasi sekreatif mungkin dan menghibur di Instagram,” tuturnya.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version