youngster.id - Integrasi layanan Online-to-Offline (O2O) yang dilakukan Caroline.id untuk mempermudah konsumen dalam membeli mobil bekas secara aman dan transparan, terbukti mampu membantu meingkatkan pendapatan di kuartal II-2025 sebesar 17,1%, mencapai Rp447,1 miliar dari Rp381,8 miliar dibanding tahun sebelumnya. Autopedia juga berhasil membukukan laba bersih sebesar Rp21,1 miliar.
Presiden Direktur PT Autopedia Sukses Lestari Tbk, Jany Candra mengatakan, akselerasi digital Caroline.id mencerminkan komitmen Autopedia dalam mendorong efisiensi, transparansi, dan kepercayaan dalam pasar mobil bekas di Indonesia yang menggabungkan kemudahan digital dan kepercayaan dari layanan fisik. Layanan ini memudahkan konsumen bisa mencari mobil secara online sekaligus dapat memastikan kualitasnya secara langsung sebelum membeli.
“Layanan O2O telah menjadi keunggulan Autopedia dibanding kompetitor. Bahkan per 1 Agustus kami akan luncurkan layanan baru ‘Titip Jual’ bagi pemilik mobil premium yang memungkinkan mereka untuk memperoleh alternatif penawaran melalui platform digital Caroline.id. Titip Jual hadir sebagai jawaban atas kebutuhan pemilik mobil premium yang ingin tetap mengontrol harga jual kendaraannya, tetapi tidak mau direpotkan proses penjualan sendiri,” ujar Jany, Rabu (30/7/2025).
Dari seluruh pendapatan Autopedia tersebut, Caroline.id merupakan unit bisnis yang memberi kontribusi paling besar dengan total nilai sebesar Rp313,4 miliar. Sepanjang Kuartal II 2025, Caroline.id menyumbang hingga 70% dari seluruh pendapatan Perseroan.
Sebagai balai lelang dengan pangsa pasar terbesar di Indonesia, JBA terus menunjukkan performa yang dominan. Pada tahun ini, JBA mencatat pertumbuhan pendapatan sekitar 3,3% YoY, yang didorong oleh peningkatan volume kendaraan yang dilelang sebesar 2,8% dibandingkan tahun sebelumnya. Dengan dukungan infrastruktur, jaringan, dan ekosistem yang kuat, JBA berhasil mengukuhkan posisinya sebagai pemain utama di bisnis balai lelang, dengan menguasai sekitar 40% dari pangsa pasar.
Sementara MotoGadai, unit bisnis pegadaian yang baru dirintis tahun lalu telah menghasilkan pendapatan sebesar Rp3,6 miliar.
Memperhatikan pertumbuhan kinerja Caroline.id yang solid dan berkesinambungan, Autopedia bertekad untuk terus melanjutkan ekspansi. Untuk semakin meningkatkan jangkauan pasar, Perseroan akan terus membangun simpul-simpul baru jaringan showroom Caroline.id di area-area strategis di wilayah Jabodetabek dan Jawa Barat.
Tahun ini, Autopedia menargetkan pembukaan empat showroom Caroline.id baru. Dari target tersebut, 2 showroom telah berhasil dioperasikan: Caroline.id Cibubur yang telah melayani pelanggan sejak April, dan Caroline.id Pasir Kaliki, Bandung, yang mulai beroperasi pada Juni. Showroom Pasir Kaliki ini merupakan showroom Caroline.id keempat di area Bandung. (*AMBS)
Discussion about this post