youngster.id - Kesadaran akan keuangan digital di tengah masyarakat semakin baik. Hal itu ditunjukkan dengan semakin meningkatnya produk investasi digital. Bahkan pada akhir kuartal III 2019, dimana produk dan layanan keuangan mengalami pertumbuhan signifikan termasuk transaksi emas.
AVP of Fintech Tokopedia, Samuel Sentana, mengatakan di Tokopedia, produk investasi seperti Tokopedia Emas dan Tokopedia Reksa Dana semakin diminati oleh masyarakat Indonesia. Kedua produk ini terus mengalami peningkatan yang signifikan, baik dalam jumlah pengguna maupun transaksi.
“Mèlihat jumlah transaksi lewat Tokopedia Emas pada kuartal III 2019 meningkat hingga lebih dari lima kali lipat dibandingkan kuartal I 2019. Pengguna Tokopedia Emas juga meningkat hampir lima kali lipat pada bulan September 2019, jika dibandingkan dengan bulan Maret 2019,” ungkap Samuel kepada media Rabu (23/10/2019) di Jakarta.
Dia menjelaskan, Tokopedia Reksa Dana juga mencatatkan peningkatan jumlah transaksi serta pengguna di kuartal III 2019. Transaksi yang tercatat di kuartal III 2019 meningkat hingga 146 persen dari kuartal I 2019. Selain itu, dari segi jumlah pengguna, terdapat peningkatan hingga 150% pada bulan September 2019, jika dibandingkan dengan bulan Maret 2019.
Menurut Samuel, sejak awal, Tokopedia Emas dan Tokopedia Reksa Dana ditujukan untuk mendorong inklusi keuangan dengan menjadi pilihan investasi dengan harga yang terjangkau serta dapat diakses oleh siapa pun, kapan pun dan di mana pun.
Masyarakat dapat memulai berinvestasi mulai dari Rp500 lewat Tokopedia Emas dan Rp10.000 melalui Tokopedia Reksa Dana. Selain menawarkan harga terjangkau, Tokopedia juga memastikan keamanan dalam berinvestasi karena para mitra penyedia layanan keuangan digital yang terhubung telah diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).
“Pertumbuhan positif ini membuktikan adanya peningkatan literasi keuangan masyarakat Indonesia di era digital dari waktu ke waktu. Ke depannya, sebagai perusahaan teknologi Indonesia yang terus bertransformasi menjadi Super Ecosystem, Tokopedia akan terus berupaya untuk mendorong kesadaran finansial dan inklusi keuangan di tengah masyarakat lewat kolaborasi dengan berbagai instansi keuangan dan regulator, serta mitra strategis lainnya,” tambah Samuel.
Selain kedua produk tersebut, Tokopedia juga menyediakan produk-produk asuransi dan pinjaman. Untuk produk asuransi, terdapat beberapa layanan asuransi yang ditawarkan oleh Tokopedia, yaitu: Proteksi Produk, yang terdiri dari Proteksi Gadget, Proteksi Elektronik, Proteksi Furniture, dan lain-lain; Asuransi Pengiriman yang terkait dengan keamanan pengiriman barang pesanan; dan Asuransi Perjalanan yang terkait dengan proteksi pengguna yang melakukan perjalanan dengan pesawat atau kereta api.
Untuk produk pinjaman, Tokopedia menyediakan fitur Modal Toko. Modal Toko memungkinkan penjual di Tokopedia untuk mengembangkan bisnisnya dengan mendapatkan modal usaha secara lebih mudah, instan dan fleksibel hingga Rp300 juta.
FAHRUL ANWAR
Discussion about this post