ITB Raih 2 Gelar Pada Kompetisi Riset Investasi

Para pemenang Kompetisi Mahasiswa Nasional Bidang Ilmu Bisnis dan Manajemen 2018. (Foto: itb/youngster.id)

youngster.id - Investasi adalah hal yang penting dalam bisnis. Untuk itu mahasiswa sejumlah perguruan tinggi ditantang untuk turut serta dalam Kompetisi Riset Invetasi dalam Kompetisi Mahasiswa Nasional Bidang Ilmu Bisnis dan Manajemen 2018 yang diselenggarakan di Sekolah Bisnis dan Manajemen ITB, 8-9 November 2018.

Pada kategori Riset Investasi, Juara pertama direbut oleh Universitas Indonesia, sedang juara kedua dan ketiga diraih oleh tim Institut Teknologi Bandung (ITB).

Tim mahasiswa ITB diwakili Hedianti Deliana, Valda Nurul Izah, dan Rahmanto Tyas Raharja mengatakan kompetisi ini tidaklah mudah. Tahapan pertama yang mereka lewati ialah membahas kasus valuasi dari Perusahaan Telkom Indonesia. Selama dua pekan mereka membahas valuasi, menyusun paper, serta membuat sebuah video presentasi tentang hal ini dalam waktu 15 menit yang kemudian diunggah ke Youtube.

Valda mengatakan, pada tahap kedua mereka diminta untuk melakukan komparasi dan perbandingan antara valuasi Telkom dengan regional peers-nya di Asia Tenggara. Perusahaan yang mereka pilih untuk dilakukan valuasinya adalah Starhub Singapore, Telecom Malaysia, Maxis Berhad Malaysia, dan Indosat Ooredoo Indonesia.

Baca juga :   Rumah Zakat & HSBC Indonesia Bangun 7 Titik Desa Berdaya

Perjuangan mereka tidak sia-sia, setelah melewati berbagai tahapan dan melaju ke babak final Kompetisi Bisnis Nasional (KBN) pada tanggal 8 November dan dinyatakan lolos ke tiga besar untuk bertarung di tahap Grand Final KBN pada keesokan harinya, 9 November 2018. Setelah melakukan presentasi, mereka dinyatakan menjadi juara kedua dalam kompetisi bergengsi ini.

“Teamwork sangat dibutuhkan, ketika bikin paper, juga presentasi, karena kita harus bisa menjawab pertanyaan dari dewan juri dengan baik,” ucap Hedianti anggota tim tersebut.

Saat ditanya tentang kesan setelah mengikuti kompetisi ini, mereka berharap agar mahasiswa ITB dapat mengikuti kompetisi seperti ini. Karena belajar tidak harus di kelas, tapi juga bisa dari lomba seperti yang mereka ikuti. Kolaborasi dengan jurusan lain juga sangat penting untuk saling melengkapi.

STEVY WIDIA