Jack Ma Siap Jadi Penasihat E-Commerce Indonesia

Pemilik Alibaba, Jack Ma. (Foto: cnbc/Youngsters.id)

YOUNGSTER.id - CEO Alibaba Group Jack Ma menerima tawaran Presiden Joko Widodo dan siap menjadi penasihat e-commerce Indonesia.

Hal itu disampaikan Tim Komunikasi Alibaba Group Jumat (9/9/2016). Menurut juru bicara Alibaba, merasa sangat terhormat dengan tawaran yg disampaikan langsung oleh Presiden Jokowi kepadanya disela-sela pertemuan para pemimpin dunia yg tergabung dalam G20.

“Jack mengungkapkan tawaran yg disampaikan Presiden Jokowi adalah sebuah kehormatan untuk dirinya,” ungkap juru bicara kepada rombongan pimpinan redaksi sejumlah media Indonesia yg mengunjungi markas Alibaba di Hangzhou.

Saat ini, Jack Ma sedang melakukan komunikasi intensif dengan pemerintah Indonesia.

“Komunikasi dengan pemerintah Indonesia sedang berlangsung untuk memastikan bagaimana kami bisa membantu pengembangan e-commerce untuk kemajuan usaha kecil menengah di Indonesia,” kata jurbir itu.

Jack Ma telah ditawari posisi khusus oleh Presiden Jokowi sebagai bagian dari tim penasehat industri e-commerce Indonesia. Peran Jack Ma kali ini adalah memberikan masukan terhadap perkembangan industri tersebut.

Sebelum ini, antara pemerintah Indonesia dengan Alibaba telah bekerja sama untuk menjual produk Indonesia ke pasar Tiongkok. Produk-produk tersebut dipasarkan melalui salah satu platform Tmall (sebelumnya bernama Taobao Mall), yang juga milik Alibaba.

Alibaba telah merambah ke pasar e-commerce Asia Tenggara, khususnya Indonesia. Termasuk mengakuisisi Lazada e-commerce terbesar Asia Tenggara.

STEVY WIDIA