Jakarta Concert Orchestra (JCO) Gelar Konser Bertajuk ‘From the New World’

Avip Priatna

Jakarta Concert Orchestra (JCO) Gelar Konser Bertajuk ‘From the New World’ (Foto: Istimewa/youngster.id)

youngster.id - Dalam rangka merayakan ulang tahun berdirinya yang ke-20, Jakarta Concert Orchestra (JCO) yang dipimpin maestro Avip Priatna Mag. Art menggelar konser yang bertajuk ‘From the New World’ pada hari Kamis, 26 Mei.

Tema ini diambil dari nama simfoni paling populer karya Antonín Dvořák tahun 1893. Konser ini akan menampilkan full instrument dari karya Antonín Dvořák. Selain itu, pada konser ini, JCO menampilkan dua bintang tamu musisi muda, yaitu Marini Widyastari pada Flute dan Bagaskoro Byar Sumirat pada Oboe yang tampil sebagai solis pada Flute Concerto karya Alexey Shor, dan pada Concertino Oboe karya Brenno Blauth. Dan, juga digelar perdana sebuah karya musisi Indonesia berbakat Arya Pugala Kitti dengan judul Nebula Karsa.

Avip Priatna, Direktur Musik dan Konduktor Jakarta Concert Orchestra (JCO) menyatakan, JCO merupakan salah satu orkestra terkemuka di Indonesia yang telah hadir sejak tahun 2002 dan terus berkarya dengan menggelar konser seri dari repertoar klasik barat hingga karya anak bangsa.

“Salah satu misi kami adalah terus mempopulerkan musik orkestra di Indonesia sehingga menjadi sebuah tontonan yang bisa dinikmati secara lebih luas oleh lebih banyak kalangan termasuk kalangan muda. Upaya kami dalam meraih misi tersebut akan tertuang pada pertunjukkan-pertunjukkan yang kami usung. Kami berharap melalui konser peringatan 20 tahun JCO mendatang dapat mengawali tahapan dan harapan baru industri musik setelah masa pandemi serta mengobati rasa rindu para pecinta musik terutama musik klasik,” kata Avip, Kamis (26/5/2022).

JCO yang didirikan 20 tahun lampau, merupakan orkestra pertama di Indonesia yang mampu membawakan opera secara lengkap. Selain itu, JCO yang terkenal hingga mancanegara sebagai orkestra musik klasik, merupakan orkestra yang repertoire musiknya paling lengkap, dari musik klasik hingga jenis musik lainnya.

JCO konsisten menyelenggarakan konser seri setiap tahunnya, salah satunya adalah konser ‘Simfoni Untuk Bangsa’ yang bertujuan untuk melestarikan lagu-lagu Indonesia masa lalu dengan aransemen kekinian, memasyarakatkan lagu-lagu daerah Indonesia dan juga memainkan komposisi baru dengan elemen-elemen Indonesia.

Puluhan karya dari musisi dunia maupun Indonesia telah berhasil dibawakan oleh JCO dalam beberapa tahun belakangan. JCO juga telah berkolaborasi dengan solois dunia seperti Alexey Botvinov (Ukraina) dan Suzanne Shakespeare (Australia) serta puluhan seniman di Indonesia seperti Andien, Isyana Sarasvati, Bunga Citra Lestari (BCL).

“Dalam usianya yang ke-20, Jakarta Concert Orchestra (JCO) terbukti telah berhasil menjawab segenap tantangan. Selain konsisten dalam menjaga mutu permainannya, JCO merupakan rumah bagi para musisi orkestra dalam bernaung, berkarya, dan belajar. Sebagai salah satu orkestra terbaik di Tanah Air, JCO telah membuktikan bahwa prinsip-prinsip artistik dan organisasinya secara tidak langsung turut membentuk ekosistem musik Indonesia yang sehat dan dinamis, selalu terbuka dan fleksibel terhadap perubahan citarasa masyarakat tanpa mengorbankan kualitas. Saya percaya JCO akan tetap menjadi biduk kokoh musik orkestra hingga berpuluh tahun ke depan.” ujar Aditya Setiadi, Musikolog Indonesia.

 

HENNI SOELAEMAN

Exit mobile version