Jam Pintar Tak Sekadar Gaya, Tapi Bisa Pantau Kondisi Kesehatan

Jam pintar OASE Watch H12W. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Perangkat jam tangan pintar (smartwatch) sedang di gandrungi di kalangan anak muda. Aksesori ini dapat terkoneksi dengan perangkat elektonik lain bahkan bisa memantau kondisi kesehatan, termasuk detak jantung dan suhu tubuh.

Selain memenuhi gaya hidup, smartwatch turut digunakan untuk kepentingan kesehatan, lewat aplikasi pemantau kondisi kesehatan tubuh si pengguna.

Seperti smartwatch pertama yang diluncurkan PT OASE Teknologi Asia yaitu OASE Watch H12W. Selain mengedepankan desain yang sporty juga dilengkapi berbagai fitur dan notifikasi kesehatan.

“Tren gaya hidup yang semakin mengikuti perkembangan zaman sudah menjadi budaya baru bagi kaum urban, hal ini harus didukung oleh produk maupun teknologi terkini agar dapat membantu kehidupan sehari-hari. Kami sangat serius dalam mengembangkan industri dan memproduksi produk aksesoris pintar hingga produk IoT yang beragam dan multifungsi untuk mencakup semua aspek kehidupan,” kata Jim Zhang, Chief Executive Officer (CEO) OASE dalam keterangan pers, Sabtu (29/8/2020).

Selain detak jantung, jumlah langkah dan jarak tempuh, jam tangan pintar ini juga bisa deteksi kadar oksigen dalam darah, melacak tekanan darah hingga data kualitas tidur.  Fitur lainnya adalah meneruskan notifikasi, kontrol musik sampai fungsi kontrol kamera smartphone. OASE Watch juga menghadirkan fitur Fitness Tracking yang cukup variatif dari olahraga yang populer di kalangan anak muda.

Sensor Stres

Sementara itu, Fitbit juga meluncurkan dua smartwatch baru yakni Fitbit Sense dan Fitbit Versa 3. Fitur unggulan Sense adalah sebuah sensor electrodermal activity (EDA) yang dirancang untuk memonitor tingkat stres penggunanya.

Menurut pihak Fitbit, sensor ini bekerja dengan memantau perubahan aliran listrik pada keringat di atas kulit, memahami bagaimana tubuh pengguna bereaksi terhadap berbagai faktor penyebab stres. Bagi para pelanggan Fitbit Premium, mereka bisa mengikuti sejumlah sesi meditasi yang dirancang secara spesifik berdasarkan hasil pantauan sensor EDA ini.

Fitur andalan lain dari Fitbit Sense adalah fitur electrocardiogram (ECG) dan sensor suhu tubuh. Fungsinya menurut Fitbit adalah untuk mengindikasikan beragam faktor terkait kesehatan, semisal gejala demam atau bahkan tanda-tanda awal siklus menstruasi bagi pengguna wanita.

STEVY WIDIA

 

Exit mobile version