JD.ID Adopsi Teknologi AR Bagi Konsumen Jajal Produk Kecantikan

Teknologi AR Make-up Try-On. (Foto: istimewa)

youngster.id - Perusahaan e-commerce, JD.ID meluncurkan fitur AR Make-up Try-On yang memungkinkan pengguna mencoba produk kecantikan di aplikasi. Melalui fitur tersebut, konsumen JD.ID dapat mencoba sejumlah produk secara virtual.

Head of Beauty Retail JD.ID Liana Heryono mengatakan, JD.ID bekerja sama dengan beberapa merek (brand) kecantikan seperti Wardah, Emina, Make Over, Maybelline, L’Oréal, Nacific Cosmetic, I’m Meme, Somethinc, Pixy, Safi, dan Marina Glow Ready untuk menyediakan fitur berbasis AR tersebut

“Melalui fitur ‘AR Make-up Try-On’, kami berupaya memudahkan proses belanja para pelanggan dan menawarkan pengalaman baru dalam membeli produk kecantikan secara online,” kata Liana dalam siaran pers, Selasa (3/11/2020).

Menurut dia, produk yang dapat dicoba melalui teknologi ini adalah lipstik, eyeliner, eyebrow, eyeshadow, mascara, foundation, face powder, dan blush on. Setelahnya, pelanggan bisa berswafoto dan menyimpan hasilnya di ponsel pintar (smartphone). Perusahaan menargetkan ada lebih banyak korporasi yang bermitra ke depan.

Teknologi AR dan realitas maya (VR) ini pertama kali diadopsi oleh Alibaba saat pesta belanja 11.11 2016. Teknologi AR kembali dihadirkan saat festival belanja serupa pada 2017. Setahun kemudian, perusahaan asal Tiongkok itu memperkenalkan fitur untuk mencoba produk kecantikan secara virtual. Pada tahun yang sama, Alibaba menghadirkan cermin berbasis teknologi yang memungkinkan konsumen mencoba pakaian yang ingin dibeli secara virtual.

Kemudian pada Juli 2019 lalu, Shopee mengimplementasikan teknologi AR untuk produk kecantikan yang disebut BeautyCam. Barang yang bisa dicoba secara virtual yakni milik L’Oréal, Maybelline, dan NYX.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version