Jelang Nataru 2022, Telkomsel Optimalisasi Kapasitas dan Kualitas Jaringan di 493 Titik

Telkomsel Siaga

Press conference Telkomsel Siaga 2022. (Foto: stevywidia/youngster.id)

youngster.id - Telkomsel memproyeksi adanya lonjakan trafik layanan data (payload) sebesar 17,6% selama momen perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023. Untuk itu Telkomsel telah melakukan sejumlah optimalisasi kapasitas dan kualitas jaringan pada  493 titik wilayah prioritas di seluruh Indonesia.

Direktur Network Telkomsel Nugroho mengatakan, total payload diperkirakan mencapai 52,5 petabyte atau tumbuh 19,1% apabila dibandingkan dengan periode NARU tahun sebelumnya.

“Dengan Program Telkomsel Siaga, kami terus berupaya menunjang kenyamanan aktivitas telekomunikasi dan digital dengan menyiapkan kapabilitas serta keunggulan teknologi jaringan broadband terdepan, melalui penyediaan kualitas, kapasitas, cakupan jaringan yang merata dan setara hingga pelosok negeri,” kata Nugroho dalam jumpa pers, Senin (19/12/2022) di Jakarta.

Dia menjelaskan, proyeksi pertumbuhan layanan data tersebut diperkirakan akan didorong oleh lonjakan pada sejumlah pemanfaatan akses layanan berbasis digital, mulai dari layanan media sosial yang diprediksi tumbuh sekira 31,7%, layanan komunikasi (instant messaging dan video conference) melonjak 27,8%, layanan streaming video meningkat sekira 29,4%, layanan mobile gaming melonjak hingga 18,6%, akses browsing naik 24,1%, dan akses layanan e-commerce tumbuh sekira 35%.

Selain itu, Telkomsel memperkirakan trafik pada layanan SMS akan meningkat sebesar 7,9%, dan layanan panggilan suara akan turun 3%.

“Untuk mengantisipasi lonjakan trafik telekomunikasi tersebut, Telkomsel telah melakukan sejumlah optimalisasi kapasitas dan kualitas jaringan pada  493 titik wilayah prioritas di seluruh Indonesia, yang berpotensi mengalami pertumbuhan trafik telekomunikasi secara signifikan,” kata Nugroho.

Fokus wilayah prioritas tersebut mencakup 363 area spesial (seperti alun-alun dan pusat perbelanjaan), 59 titik pemberangkatan transportasi umum, 21 titik jalur utama mudik, 47 area residensial, 1 rumah sakit pusat penanganan COVID-19, dan 2 tempat ibadah.

Nugroho lebih lanjut menambahkan, Telkomsel juga telah mengintegrasikan hingga 25.000 unit BTS 4G/LTE baru, menyiagakan tambahan 61 unit Compact Mobile BTS (COMBAT), dan meningkatkan kapasitas internet gateway hingga 9,212 Gbps. Di samping itu, Telkomsel pun melakukan optimalisasi network coverage pada lebih dari 196.000 BTS 4G/LTE se-Indonesia dan melaksanakan pemantauan 24 jam secara remote/virtual.

Sementara itu, Direktur Sales Telkomsel Adiwinahyu Basuki Sigit menjelaskan, Telkomsel melengkapi kemeriahan momen Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 dengan menghadirkan berbagai program loyalty dan promo spesial untuk pelanggan.

Sigit menambahkan, Telkomsel juga memastikan kemudahan akses komunikasi pelanggan untuk tetap terhubung dengan kemeriahan Natal dan Tahun Baru dengan ragam paket promo spesial. Mulai dari penawaran digital voucher untuk pelanggan Halo+ baru, paket prabayar Internet & Combo Sakti Seru Terooos, program bonus voucher Rezeki Sakti, hingga Paket InternetMAX Prime berkolaborasi dengan Prime Video. Selain itu ada banyak paket yang bekerja sama dengan beberapa mitra fintech, dan penawaran khusus untuk modem Telkomsel Orbit Star N2 yang berkolaborasi dengan Home Credit Indonesia untuk kemudahan solusi cicilan pembayaran.

Pelanggan juga dapat melengkapi kemeriahan momen Natal dan Tahun Baru dengan tayangan-tayangan terbaik di berbagai platform yang berkolaborasi dengan Telkomsel.

Untuk memastikan agar pelanggan dapat selalu menikmati pelayanan yang prima, Telkomsel memastikan ketersediaan akses produk dan layanan terdepan di seluruh saluran layanan pelanggan akan tetap terjaga, baik secara online maupun offline. Selain itu, Telkomsel juga telah menyiagakan 376 GraPARI dan lebih dari 317.000 mitra outlet di seluruh Indonesia, yang akan melayani kebutuhan produk dan layanan terdepan secara offline (walk-in).

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version