youngster.id - Krisis pandemi Covid-19 telah menyebabkan dampak penurunan yang signifikan di semua industri, salah satunya adalah fesyen. Namun para penyelenggara acara fashion show tidak berpangku tangan. Kolaborasi dengan platform teknologi pun dilakukan untuk menggelar pagelaran busana virtual dengan audiens yang lebih luas.
Langkah kolaborasi dilakuan oleh Jakarta Fashion Week dan platform distribusi video singkat TikTo untuk mengadakan Jakarta Fashion Week 2021 secara virtual pada 26-29 November 2020.
Program Director Jakarta Fashion Week Zornia Harisantoso menuturkan, JFW 2021 tetap dilaksanakan agar pelaku usaha di industri fashion dapat terus berkarya. “Jika dulu fesyen hanya bisa diakses oleh komunitas tertentu, sekarang sudah jadi lebih mudah diakses. Dengan diadakan secara virtual, fashion show kini dapat disaksikan oleh audiens yang lebih luas,” ujarnya Zornia, Jumat (20/11/2020).
Selain itu, menurut dia keberadaan TikTok telah meruntuhkan batasan-batasan yang ada di industri fesyen, menjadi borderless dan accessible. Sekarang semua orang tidak hanya dapat menikmati tetapi juga dengan menciptakan konten mereka sendiri.
Menyuarakan hal yang sama, Direktur Jakarta Fashion Week Lenni Tedja, mengatakan bahwa di saat sebagian besar orang masih membatasi kegiatan di luar rumah, fashion brand dan desainer harus lebih cerdas dan cepat mencari cara baru agar selalu terhubung dengan pelanggan, serta menghadirkan kreativitas baru di bidang fashion kepada para penggemar karya mereka.
“Di situlah TikTok berperan sebagai platform inovatif untuk ekspresi kreatif, khususnya di dunia fashion,” katanya.
Hal yang sama diungkapkan oleh Ria Sarwono, Brand & Marketing Director, Cottonink, salah satu brand fashion lokal yang akan ikut hadir di Jakarta Fashion Week.
Ria berpendapat bahwa platform digital sudah menjadi bagian dalam perjalanan Cottonink sejak awal. Namun dengan adanya berbagai challenge seru dan kreatif di TikTok, itu memberikan cara baru bagi Cottonink untuk menyampaikan koleksi terbaru mereka kepada konsumen lama atau justru membuka jalan bagi konsumen baru.
Di TikTok, konten fashion merupakan salah satu konten terpopuler, baik oleh pengguna di Indonesia maupun di seluruh dunia.
Angga Anugrah Putra, Head of User and Content Operations, TikTok Indonesia mengatakan, kreativitas pengguna TikTok menjadi satu hal yang dimanfaatkan oleh para brand fashion kelas dunia, mulai dari menyampaikan pesan brandnya, memasarkan koleksi terbaru, hingga mencari muse untuk desainnya.
“Kami melihat bagaimana industri fesyen menemukan berinteraksi dengan komunitas kreatif yang ada di TikTok selama masa pandemi, dan mendorong kreativitas pengguna untuk menghadirkan fesyen papan atas dari rumah mereka masing-masing,” kata Peluncuran kerjasama ini merupakan cara lain bagi mitra brand kami untuk memanfaatkan pendekatan yang otentik dan didorong oleh komunitas yang ada di platform ini, untuk memamerkan seni, kreativitas, dan kepribadian mereka dalam cara unik dan khas TikTok, tambahnya.
Penyelenggara Jakarta Fashion Week 2021 akan berlangsung mulai 26-29 November 2020 di akun resmi @jfwofficial di TikTok.
Secara global, TikTok telah bermitra dengan berbagai brand fesyen, termasuk Puma Louis Vuitton, Saint Laurent, dan banyak brand lainnya untuk menyelenggarakan serangkaian TikTok LIVE.
STEVY WIDIA
Discussion about this post