Johari Zein Foundation Didukung Startup Bantu Pembangunan Masjid di Lombok

Dari kiri, Bryant Christanto Co Founder Paxel.co, Hardy Founder Alien Design Consultant, Rasyid Taufik Ketua Johari Zein Foundation, Raden Maulana, CEO & Co Founder Kolase.com dan Johari Zein Pendiri GBMI (Foto: Istimewa/youngster.id)

youngster.id - Gempa bumi berkekuatan 7 SR telah meluluhlantakan Nusa Tenggara Barat, khususnya Lombok. Korban meninggal dunia terus bertambah dan sejumlah bangunan hancur dan rusak. Kondisi itu mendorong Johari Zein Foundation (JZF) dan beberapa startup untuk membantu memulihkan kondisi pasca gempa di Lombok.

Hingga lima hari evakuasi tercatat sebanyak 312 warga yang meninggal dunia dan sekitar 270.168 jiwa yang tinggal di pengungsian. Data sementara dari BNPB menyebutkan sejumlah kerusakan bangunan akibat gemba bumi Lombok. Sekitar 75% pemukiman hancur dan rusak. Selain pemukiman, sebanyak 468 sekolah, 6 jembatan, 3 rumah sakit, 10 puskesmas,  20 unit perkantoran, 50 unit mushola dan 15 masjid mengalami kerusakan.

Di antara masjid yang hancur dan rata dengan tanah adalah Masjid Jamiul Jamaah, Dusun Karang Pangsor, Desa Pemenang Barat, Kecamatan Pemenang, Lombok Utara, NTB dan Masjid Jabal Nur, Dusun Lading-lading Desa Tanjung, Kecamatan Tanjung, Lombok Utara.

JZF sebagai sebuah lembaga filantropi yang didirikan oleh Johari Zein—wirausahawan dan pendiri Group Global Basket Mulia Investama (GBMI)—berinisiatif membantu memulihkan kondisi pasca gempa di Lombok. Khususnya mendirikan kembali bangunan masjid yang rusak dan hancur akibat gempa bumi.

Baca juga :   Bekraf Foodstartup Digelar di Makassar

“Fokus kegiatan dari Johari Zein Foundation adalah menjaga kenyaman beribadah umat Islam dengan melakukan pembangunan masjid dan Pondok Pesantren di Indonesia. Karenanya, kami sangat terpanggil untuk mengambil peran dalam pembangunan kembali masjid dan musola yang hancur dan rusak akibat gempa bumi di Lombok,” jelas Johari.

Untuk mewujudkan program sosial itu JZF mendapat dukungan dari beberapa perusahaan startup. Antara lain, untuk proses distribusi kebutuhan barang, JZF didukung oleh Paxel.co, pelopor bisnis jasa pengiriman berbasis teknologi. Dukungan juga dating dari Alien Design Consultan (Alien DC). Tugas Alien DC selain melakukan design architect juga memastikan masjid yang akan dibangun kembali mengunakan konstruksi yang tahan gempa.

Selain itu, JZF juga didukung oleh para seniman musik melalui perusahaan Kolase.com. Perusahaan fundraising yang telah banyak membantu fundraising para musisi Indonesia ini akan membantu JZF dalam pengumpulan dana bantuan.

“Kami ucapkan terima kasih kepada perusahaan yang menjadi mitra Johari Zein Foundation dalam program pembangunan masjid di Lombok ini. Selama 3 bulan ke depan, kami akan mengajak perusahaan, entitas dan masyarakat secara luas dalam program pembangunan masjid di Lombok ini,” jelas Rasyid, ketua Johari Zein Foundation.

Baca juga :   Transla ITS Kembangkan Teknologi Pelabuhan Smart Port

Rasyid menjelaskan, bahwa 3 bulan ke depan semua dana yang terkumpul melalui Kolase.com untuk proyek pembangunan kembali masjid di Lombok ini akan dialokasikan melalui rekening: Bank BNI Syariah Nomer 0828 20 5000/IDR An. Yayasan Johari Zein.

Guna mengetahui secara detail data dan informasi seputar kerusakan masjid, saat ini tim JZF sedang melakukan survey secara langsung di Lombok. Dari survey tersebut akan diketahui kebutuhan apa saja yang harus disiapkan termasuk jumlah dana yang dibutuhkan untuk pembangunan kembali masjid yang direncanakan akan selesai proses pembangunannya selama 1,5 tahun.

 

FAHRUL ANWAR