Johnson & Johnson Ajak Anak Muda Tanggulangi TBC dengan Gamifikasi “TB Warriors”

Gamifikasi

Johnson & Johnson Ajak Anak Muda Tanggulangi TBC dengan Gamifikasi “TB Warriors” (Foto: Ilustrasi)

youngster.id - Mendukung Kementerian Kesehatan Republik Indonesia untuk menekan angka penularan penyakit Tuberkulosis (TBC) di Indonesia, PT Johnson & Johnson Indonesia menggelar gerakan sosialisasi ‘Bersatu Melawan TBC’ (United Against TB) yang memberdayakan kaum muda sebagai generasi untuk turut mendukung upaya penanggulangan TBC di Indonesia.

Sebagai bagian dari gerakan sosialisasi tersebut, Johnson & Johnson meluncurkan sebuah inovasi melalui pendekatan kreatif yang dapat melibatkan peran generasi muda berupa gamifikasi ‘TB Warriors’–sebuah gerakan yang dikemas dalam bentuk permainan virtual atau game.

Bila sebelumnya, dalam gelombang pertama kampanyenya, Johnson & Johnson meluncurkan empat filter interaktif untuk Facebook dan Instagram – dan situs web edukasi TBC yang menyediakan sumber daya dan informasi bagi kaum muda tentang TBC dengan cara yang menyenangkan dan menarik, maka untuk gelombang kedua kali ini, Johnson & Johnson meluncurkan permainan Hunt & Find (Cari & Temukan).

Devy Yheanne, Country Leader of Communications & Public Affairs PT Johnson & Johnson Indonesia menjelaskan, permainan ini mengajak publik dan anak muda untuk memahami penyakit tuberkulosis (TBC) melalui kemampuan mendeteksi gejalanya dengan cara yang tidak hanya ringan dan menyenangkan, namun juga dapat membangun jiwa kompetitif, karena pemain di Indonesia dapat bersaing dengan para pemain lain di negara-negara dimana permainan ini juga berlangsung, seperti Thailand, Vietnam, dan Fillipina.

“Utamanya, permainan virtual yang dapat dilakukan secara berulang ini bertujuan mendorong dan membentuk perilaku dalam menghadapi dan menangani TBC, khususnya untuk melakukan pemeriksaan, pencegahan, hingga pengobatan. Selain itu, permainan ini juga diharapkan dapat menciptakan katalisator dari kalangan generasi muda, dimana melalui pemahaman yang didapat mereka mampu berbagi pengetahuan dan meningkatkan pemahaman seputar TBC di kalangan teman, keluarga dan kolega,” jelas Devy, Selasa (26/7/2022).

Saat memainkan TB Warriors game, pemain ditantang untuk dapat menemukan sebanyak mungkin karakter pada gambar yang menunjukkan gejala TBC, dalam durasi secepat mungkin. Gambar yang tersedia menunjukkan lokasi yang padat dengan berbagai aktivitas maupun kegiatan sehingga dibutuhkan kejelian untuk dapat menemukan karakter-karakter tertentu yang diharapkan.

Setelah berhasil menemukan semua karakter tersebut, pemain akan mendapatkan akses menuju informasi terkait edukasi lebih lanjut mengenai TBC dan gejalanya. Pada akhir permainan, pemain akan menerima jumlah skor yang akan direkam secara otomatis dalam papan peringkat.

Supaya gerakan ‘TB Warriors’ ini dapat merangkul generasi muda lebih luas lagi, Johnson & Johnson Indonesia berkolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan. Termasuk mitra media dan menggagas kompetisi di ranah media sosial. Selain itu, kolaborasi juga dilakukan dengan melibatkan beberapa influencer Indonesia untuk turut mendorong kesuksesan gerakan ini.

“Secara khusus, gerakan United Against TB mengakui pentingnya mobilisasi generasi muda untuk mengakhiri TBC. Remaja dan pemuda pada rentang usia produktif 15-34 tahun secara tidak proporsional dapat terkena TBC dan membawa beban berat akibat penyakit ini,” pungkas Devy.

 

HENNI SOELAEMAN

Exit mobile version