Jungle Ventures Tutup Pendanaan IV Capai US$600 Juta

Co-Founder Jungle Ventures

Jungle Ventures Tutup Pendanaan IV Capai US$600 Juta (Foto: Istimewa/youngster.id)

youngster.id - Perusahaan venture capital (VC) yang berfokus pada pendanaan awal Jungle Ventures mengumumkan telah merampungkan Fund IV senilai US$600 juta, dengan rincian US$450 juta di keranjang investasi utama dan US$150 juta masuk dalam komitmen tambahan.

Dengan demikian, total Asset Under Management (AUM) Jungle Ventures melampaui US$1 miliar. Hal ini menjadikan Jungle Capital sebagai VC independen pertama yang mencapai rekor ini.

Berawal dari target ambisius senilai US$350 juta, Fund IV mengalami permintaan yang berlebih (over-subscribed). Lebih dari 50% komitmen datang dari investor yang sudah ada, termasuk di antaranya Temasek, IFC, FMO, DEG, bergabung dengan investor global baru yang selektif seperti StepStone Group.

“Dengan Fund IV, Jungle bertujuan memperkuat posisi ini sambil melanjutkan pendekatan membangun ‘portofolio yang terkonsentrasi’, dengan membuat proyeksi 15-18 investasi di India dan Asia Tenggara melalui dana barunya,” ujar Amit Anand, Founding Partner Jungle Ventures, dalam keterangan tertulis, dikutip Kamis (19/5/2022).

Didirikan pada tahun 2012 oleh Amit Anand dan Anurag Srivastava, Jungle Ventures didirikan pertama kali dengan pendanaan senilai US$10 juta, dan sejak itu telah mengalami pertumbuhan AUM 100x dalam 10 tahun dengan berpegang teguh pada visi yang jelas, yakni “Build to Last”. Sejak didirikan,  Jungle memiliki portofolio perusahaan dengan Enterprise Value lebih dari US$12 miliar, hanya dengan US$250 juta modal diinvestasikan dan rasio kerugian kurang dari 5%.

Portofolio Jungle mencakup sejumlah perusahaan regional ternama, di antaranya Kredivo, Livspace dan Moglix. Ketiga perusahaan tersebut mendapatkan investasi seed dari Jungle hingga mencapai status unicorn. (*AMBS)

 

Exit mobile version